Pemkab Banggai Laut Gelar Upacara HUT RI Ke-78, Ini Harapan Bupati Sofyan Kaepa

Upacara HUT RI ke-78 yang di gelar Pemerintah Kabupaten Banggai Laut, Kamis (17/8).[Foto:Dokumentasi BanggaiPost]

BANGGAI POST, BALUT- Pemerintah Kabupaten Banggai Laut menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 78 tahun, di kawasan Taman Kota Banggai, Kamis (17/8). Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai Laut turut hadir dalam upacara peringatan HUT RI yang ke-78 diantaranya Wakil Bupati Ablit H Ilyas, Sekda Banggai Laut Ruslan, Wakil Ketua I DPRD Banggai Laut Patwan Kuba, Wakil Ketua II DPRD Banggai Laut Jamaludin R Bunsiang, para anggota DPRD Banggai Laut, Unsur Forkopimda, tokoh Adat, tokoh agama, tokoh Pemuda serta undangan lainnya.

Kegiatan diawali dengan penghormatan pasukan kepada Inspektur upacara dipimpin oleh komandan upacara. Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara. Dan selanjutnya Detik-detik Proklamasi dan Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Mahdiani Bukamo. Mengheningkan Cipta dipimpin oleh inspektur Upacara Bupati Sofyan Kaepa.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, hening cipta dimulai,” kata Irup Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa.

Setelah mengheningkan cipta selesai, dilanjutkan dengan pembacaan Doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut dan berikutnya Pengibaran Sang Merah Putih oleh 51 anggota Pasukan Paskibraka.

“Hari ini tepat 17 Agustus 2023 kita telah selesai memperingati HUT RI dengan mengibarkan bendera, alhamdulillah terlaksana dengan sukses,” jelas Bupati Sofyan saat di wawancarai sejumlah awak media usai upacara.

Ia mengatakan, upacara HUT RI telah mengilhami seluruh bangsa khususnya Banggai Laut sehingga prosesi upacara berjalan dengan lancar.

“Di momen HUT RI ke-78 ini bisa menjadi semangat kolaborasi antar Pemerintah Kabupaten dan juga masyarakat untuk mengejar kesenjangan, hingganya dalam hal pengambilan kebijakan berpihak pada masyarakat,” tuturnya.

Orang nomor satu di Banggai Laut itu mengharapkan dukungan penuh, kerja nyata dan kerja ikhlas dari seluruh pihak, untuk mengambil peran baik sebagai motivator, fasilitator maupun sebagai pelaksana dengan tindakan nyata untuk dapat menyukseskan pembangunan Banggai Laut.

“Saya kira itu yang di butuhkan semua masyarakat,” tandasnya.

Pada kesempatan itu pula Bupati Banggai Laut memberikan sejumlah penghargaan kepada beberapa OPD serta bantuan sosial kepada penyandang disabilitas dan anak yatim piatu. (IK)