MTs Alkhairaat Luwuk Gelar ANBK 2023, Ini Harapan Kamad 

MTs Alkhairaat Luwuk saat melaksanakan kegiatan ANBK tahun 2023, Senin (18/9/2023).[Foto:Dokumentasi BanggaiPost]

Laporan: Nasri Sei/Banggaipost

 

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Madrasah Tsanawiyah (Mts) Alkhairaat Luwuk, menggelar kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023, yang diikuti puluhan siswa, Senin (18/9/2023).

Kepada BanggaiPost, Kepala Madrasah Tsanawiyah (Kamad) Alkhairaat Luwuk Patrianti,S.Pd mengatakan, kegiatan ini digelar selama 2 hari. Dimulai hari ini Senin,18 September hingga Selasa,19 September 2023.

“Kegiatannya selama 2 hari. Dengan menggunakan 3 sesi setiap harinya,”ucap Kepala Madrasah.

Dijelaskan, ANBK adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Adapun mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter), serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Sangat bermanfaat untuk memberikan gambaran mengenai profil MTs Alkhairaat dan memberikan arah pengembangan madrasah. Dan nantinya akan ada tindak lanjut dari hasil pemetaan tersebut untuk peningkatan mutu pendidikan,”ujarnya.

Iapun menginformasikan, seluruh siswa yang mengikuti ANBK hari ini, telah mendapatkan pembekalan dan pelatihan (simulasi.red) sebelumnya. Sehingga peserta diharapkan lebih siap dan dapat mengerjakan soal dengan maksimal sesuai jadwal yang ditentukan.

“Kami berharap, pelaksanaan ANBK bisa berjalan lancar dan sukses tanpa ada kendala apapun, dan menghasilkan manfaat untuk kemajuan madrasah kedepannya,” pungkasnya. (NS)