Lantik Kades PAW Desa Lalong, Ini Pesan Bupati Sofyan Kaepa

BANGGAI POST, BALUT– Setelah melalui proses pemilihan Kepala Desa yang demokratis, Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa resmi melantik Akmal L Patagiling sebagai Kepala Desa PAW (Pergantian Antar Waktu) Desa Lalong Kecamatan Labobo Kabupaten Banggai Laut. Kades ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Nomor : 140/412/DPMD-P3A/2023 tanggal 23 Agustus 2023 yang berlaku sejak pelantikan.

Pelantikan yang digelar di lapangan Sepak Bola Desa Lalong tersebut dihadiri, Wakil Bupati Ablit H. Ilyas, Ketua dan Anggota DPRD Banggai Laut, para Staf Ahli dan Asisten Bupati, Kepala OPD, Unsur Muspika Kecamatan Labobo, para Kepala Desa, tokoh agama, pemuda serta masyarakat setempat, Rabu (20/09).

Bupati Sofyan Kaepa dalam sambutannya mengatakan, pelantikan kepala desa Lalong hari ini bisa saja dilaksanakan di ruangannya. Sebagai bentuk kecintaan kepada masyarakat Desa Lalong, sehingga pelantikan dilaksanakan di desa.

“Kalau saya mau kegiatan pelantikan ini dilaksanakan di ruangan saya. Bentuk kecintaan saya kepada masyarakat Desa Lalong, saya bersama Wakil Bupati dan Ketua DPRD bersepakat untuk hadir di desa Lalong melantik kepala desa,” ucap Bupati Sofyan Kaepa disambut tepuk tangan dan ucapan lanjutkan dari masyarakat yang hadir pada acara pelantikan tersebut.

‘Saya tidak lantik tidak apa-apa, saya kase kosong juga tidak apa-apa, saya tunjuk pelaksa juga boleh, tapi karna saya sayang, sudah datang di rumah, hari ini saya lantik,” tambahnya.

“Meski hanya antar waktu tapi waktunya masih panjang sampai 2027, saya sudah habis itu di 2024. Tapi ada yang lanjutkan 2027 ini, nanti disampaikan,” tutur Bupati Sofyan.

Sebagai orang nomor satu di Banggai Laut Sofyan Kaepa berpesan, agar masyarakat desa Lalong tidak lagi saling lapor, bangun kepercayaan dan saling dukung, jangan terlalu banyak perbedaan. Berikan Kepala Desa kepercayaan untuk berbuat dan membangun desa.

“Terlalu banyak yang pandai disini, ini desa tidak akan di bangun kalau hanya baku lapor terus. Hari ini saya sampaikan tidak ada lagi itu, urus ini kampung,” tegasnya.

“Jika di Kabupaten ada saya bupati, ketua DPRD, Wakil Bupati. Kalau di kecamatan ada camat, kalau di desa kepala desa. Jangan ba pande-pande, apalagi saling lapor sampai ke pihak berwajib. Mari sama-sama bangun desa Lalong biar bisa sejajar dengan desa-desa lain,” ajak Bupati Sofyan Kaepa. (IK)