Kembangkan Sektor Olahraga, Bupati Banggai Teken MoU

Foto: Diskominfo Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk –Pemerintah Kabupaten Banggai melakukan upaya percepatan Pembangunan Sektor Olahraga, melalui penyusunan Dokumen Kajian Desain Olahraga Daerah (DOD) oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Ini ditandai dengan Penandatangan Nota Kesepakatan Bersama oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin., MM., AIFO dengan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd, M.A, Bandung, Rabu (21/2/2024).

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin., MM., AIFO diterima langsung oleh Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A, yang didampingi Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama dan Usaha, Prof. Dr. Bunyamin Maftuh., M.A., Direktur Inovasi, Prof. Yadi Ruyadi., M.Si, Kepala Badan Usaha, Prof. Amir Mahmud, M.Si, Dekan FPOK, Prof. Dr. Boyke Mulyana, M.Pd, Kepala Divisi Pengembangan dan Perencanaan, Dr. Pandu Hyangsewu, S.Th.I., M.Ag, dan Kepala Divisi Kerjasama, Achdi, MM. diruang Rapat DSTI Lt.1 Gedung PPG UPI.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai sekaligus Ketua KONI Kabupaten Banggai, menyampaikan harapannya terhadap pengembangan Sektor Olahraga di Kabupaten Banggai melalui penyusunan Dokumen Kajian Desain Olahraga Daerah.

“Dokumen ini nantinya menjadi rujukan Pembangunan Sektor Olahraga dalam jangka pendek, menengah dan jangka Panjang,”tuturnya.

Terkait rancang bangun pengembangan Sektor kata Bupati, akan dilakukan setiap tahunnnya. Menyusun dengan sistematis, untuk kemudian diimplementasikan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Artinya, Dinas terkait didalam menyusun perencanaan sektor olahraga kedepannya yang dituangkan kedalam Renstra dan Renja Perangkat Daerah tidak boleh keluar dari Dokumen ini, Kebetulan disini hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga beserta jajaranya” kata Bupati.

“Saya sudah menyampaikan pada forum-forum resmi bahwa Pusat Olahraga Kabupaten akan kita tempatkan di salah satu Kecamatan yaitu Kecamatan Luwuk Utara, biar lebih fokus untuk melakukan pengembangan Sektor Olahraga, bukan hanya pembangunan sarana dan prasarana olahraga saja tetapi juga Peningkatan Kapasitas Pelatih, Atlit dan Industri Olahraga”tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan kepada Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), agar dapat memberikan Beasiswa bagi Siswa-Siswi dari Kabupaten Banggai yang memiliki Prestasi di Bidang Olahraga,  melanjutkan perkuliahaan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

“Dalam Rangka Meningkatkan SDM di Sektor Olahraga, saya berharap Pak Rektor dapat memberikan Beasiswa Berprestasi untuk anak-anak kami di Kabupaten Banggai melanjutkan Pendidikan di Universitas ini, sehingga setelah mereka selesai menamatkan pendidikannya dapat kembali ke Daerah untuk membangun Sektor Olahraga di Kabupaten Banggai,”pintanya.

 

Didalam kesempatan tersebut, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A, menyampaikan ucapan selamat datang dan Apresiasi kepada Bupati Banggai, atas Keseriusannya untuk Mengembangkan Sektor Keolahragaan di Kabupaten Banggai.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu Tim Penyusun DBON (Desain Besar Olahraga Nasional) sehingga sudah tepat Bapak Bupati Banggai mempercayakan penyusunan Dokumen Desain Olahraga Daerah kepada Universitas Pendidikan Indonesia.

Selain menjadi bagian dari Tim Penyusun DBON, UPI juga merupakan Universitas yang dipercayakan oleh Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mempersiapkan atlit-atlit berprestasi, UPI juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana Olahraga berstandar internasional untuk  mendukung Pembinaan Atlit Berprestasi.

Setelah penandatanganan Kesepakatan Bersama, Rektorat Universitas Pendidikan Indonesia mengajak Bupati Banggai beserta rombongan untuk mengunjungi Sarana dan Prasarana Olahraga di Universitas Pendidikan Indonesia.

Dalam Kegiatan tersebut, Bupati Banggai didampingi Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah, Andi Nur Syamsy Amir, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Moh. Yori Ntoi, Kepala Dinas TPHP, Subhan Lanusi, Staf Khusus Bupati Bidang Hukum, Abdul Ukas Marzuki, Sekretaris Brida, Muh. Iksan Budiono, Sekretaris Dinas Pemuda & Olahraga, Ridwan Tatu Polopa, Kabag Kerjasama, Fahmi Arifudin Rizal, Kabag Umum, Yudhi Sudarta, Kabag Organisasi, Muh. Rifai Lasore, dan Jajaran Brida serta Dispora Kabupaten Banggai. (Dkf)