Jelang Festival Malabot Tumbe, Pemkab Balut Gelar Rapat Perdana

BANGGAI POST, BALUT- Pemerintah Kabupaten Banggai Laut gelar rapat perdana persiapan festival Malabot Tumbe bulan Desember mendatang. Rapat yang berlangsung di ruang rapat satu Kantor Bupati Banggai Laut di pimpin oleh Sekretaris Kabupaten Ruslan dan dibuka secara resmi Wakil Bupati Banggai Laut Ablit H. Ilyas.

Pada kesempatan itu, Wabup Ablit H Ilyas mengatakan, bahwa festival Malabot Tumbe bukan hal yang baru. Festival ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Hanya saja tahun ini kemarin tidak bisa dilaksanakan karna wabah covid-19 yang melanda seluruh negeri dan tahun ini direncanakan akan dilaksanakan tetapi sudah barang tentu masih menerapkan prokes covid-19.
“Level kita sudah turun dari level 3 menjadi level 2. Tetapi semua kegiatan yang kita laksanakan harus tetap dikoordinasikan. Jangan sampai kejadian yang sama terjadi seperti di kabupaten tetangga kita,” kata Wabup Ablit.
“Semuanya harus dipersiapkan semaksimal mungkin. Bersinergis, kita saling mendukung,” tambahnya.

Disamping itu, Wabup mengingatkan kembali kesuksesan Banggai Laut sebagai tuan rumah pelaksanaan STQH tingkat Provinsi Sulteng. Dan festival Malabot Tumbe harus terlaksana dengan sukses. Apalagi, kegiatan tahunan tersebut tidak hanya dihadiri Pemerintah dan masyarakat Banggai Laut saja.
” Kita sudah belajar dari STQH dan berhasil terlaksana dengan baik. Semoga di kegiatan Malabot Tumbe 2021 sebagai even nasional harus direalisasikan dengan baik. Apalagi ini kegiatan adat merupakan bagian dari visi dan misi kami sebagai Bupati dan wakil Bupati,” tutur Wabup Ablit.

Sedang itu, Sekab Banggai Laut Ruslan menyampaikan, festival Malabot Tumbe 2021 telah masuk dalam kalender even nasional. Sehingga ada beberapa agenda kegiatan yang perlu dirubah. Antara lain kata mantan kadis Pariwisata dan Kebudayaan itu, tamu undangan bisa terlibat dalam pelaksanaan festival.
“Hari ini SK panitia diserahkan, masing-masing telah mengetahui tugas dan tanggungjawabnya,” tuturnya.
Festival Malabot Tumbe rencananya juga akan dihadiri kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
“Agenda acara dan kegiatan festival sudah tersusun, begitu juga undangan untuk Kementerian. Kita semua berharap Bapak menteri bisa hadir nantinya,” ucap Ruslan. (IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *