Jalan Rusak, Masyarakat Banggai Selatan “Geruduk” Gedung DPRD Banggai Laut

TERIMA PENGUNJUK RASA: Wakil Ketua I DPRD Banggai Laut Patwan Kuba saat menjawab tuntutan dari Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan Kecamatan Banggai Selatan. (MOHAMAD IKBAL/BANGGAI POST)


BANGGAI POST, BALUT– Eksekutif dan Legislatif Kabupaten Banggai Laut kedatangan tamu dari masyarakat Kecamatan Banggai Selatan yang menamakan Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan Kecamatan Banggai Selatan, Senin (10/01).

Sebelum mendatangi Kantor Bupati, sekitar 50 puluhan massa aksi mendatangi Kantor DPRD Banggai Laut. Di kantor DPRD, massa aksi disambut Wakil Ketua I DPRD, Patwan Kuba serta didampingi beberapa anggota DPRD lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Koordinator Lapangan Muhlis Uman dalam orasinya mengatakan, kondisi akses jalan di Banggai Selatan sudah puluhan Tahun akses jalannya kurang memadai yang dirasakan oleh masyarakat banggai Selatan. Dimana akses jalannya terdapat jalan rusak berat dan rusak ringan.
“Belum lagi dengan akses jalan tersebut sudah juga memakan korban,” katanya.
Ditambahkannya lagi, masalah terkait dengan pembangunan swering atau tanggul pada perumahaan dekat pesisir pantai. Yang ketika musim ombak kencang terdapat beberapa rumah yang ada seputaran pesisir pantai rumah-rumah yang merupakan tempat tinggal masvarakat telah mengalami kerusakan.
Dalam kesempatan itu pula, dirinya menyampaikan tiga sikap Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Pertama mendesak pemerintah Banggai Laut agar memperbaiki jalan lingkar strategis Banggai Laut yang ada di Banggai Selatan. Kedua mendesak Pemerintah Banggai Laut agar mendorong percepatan pembangunan Swering alias tanggul yang ada diseputaran Rumah pesisir pantai Banggai Selatan. Dan ketiga mendesak DPRD dan Bupati Banggai Laut agar dengan cepat membangun akses Masyarakat Banggai Selatan.

Setelah mendengarkan pernyataan sikap Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan Kecamatan Banggai Selatan. Patwan Kuba mengatakan, bahwa pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran peningkatan ruas jalan Badumpayan sampai Matanga.
“Bukan pembangunan tetapi peningkatan ruas jalan. Karna di ruas jalan mulai dari Desa Badumpayan Kecamatan Banggai Tengah sampai di desa Matanga Kecamatan Banggai Selatan yang sudah baik. Pemda akan meningkatkan ruas jalan yang rusak,” ungkapnya.
“Terimakasih sudah berkunjung di Kantor Rakyat ini, kami DPRD tidak anti kritik. Mari sama-sama kita bangun daerah ini,” tutur Waket I Patwan Kuba. (IK)