Iskandar Djiada Kembali Pimpin PWI Banggai Bersaudara

Sekretaris PWI Sulteng Temu Sutrisno, menyerahkan Pataka kepada ketua PWI Terpilih periode 2022-2025 Iskandar Djiada, di Sekret PWI Banggai,Selasa (27/12).[Foto:Dokumentasi Banggaipos.com]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banggai Bersaudara (Kabupaten Banggai, Bangkep, Balut) kembali menggelar Konferensi, untuk memilih pengurus baru organisasi yang menaungi para jurnalis itu, untuk periode 2022-2025.

Kegiatan yang dihadiri sekretari PWI Sulteng, Temu Sutrisno tersebut, digelar di Sekretariat PWI Banggai, Selasa (27/12).

Iskandar Djiada, kembali terpilih secara aklamasi memimpin kembali PWI 3 tahun kedepan. Posisi sekretaris PWI dijabat Gafar Tokalang, Bendahara Abdul Saleh Talibu.

Usai pemilihan pengurus yang baru, Sekretaris PWI Sulteng menyerahkan pataka kepada ketua terpilih, untuk menjalankan roda organisasi.

Dikesempatan itu, Sekretaris PWI Sulteng Temu Sutrisno menegaskan bahwa, PWI Sulteng dan PWI di tingkat Kabupaten, merupakan satu badan yang tak bisa dipisahkan secara organisatoris.

Dibutuhkan koordinasi yang kuat, membangun PWI menjadi organisasi profesional. Melakukan pembinaan secara intens dan patuh terhadap kode etik jurnalistik.

“Kode perilaku insan pers satu kesatuan dengan kode perilaku PWI. Yang memisahkan profesional dan tidak profesionalnya seorang jurnalis, terletak pada kompetensi. Pembinaan dilakukan melalui uji kompetensi. Lembaga kompetenlah yang menentukan kita profesional atau tidak,”tegasnya.

Tidak hanya itu, Sekretaris PWI Sulteng juga meminta kepada pengurus yang baru untuk eksis dan peka terhadap kondisi lingkungan masyarakat.

“PWI harus dijadikan organisasi yang bermartabat. Bermartabat dalam arti kemandirian ekonomi. Sehingga keberadaan PWI tidak membebani masyarakat dan pemerintah. Selain itu, secara aktif, untuk peduli terhadap kondisi sosial melalui kemitraan positif.(NS)