IKM Balut Tunjukan Tren Positif, Dinas PM-PTSP Gelar FKP SKM

TREN BAIK: Dinas PM-PTSP menggelar forum komunikasi publik di ruang rapat DPM-PTSP Banggai Laut, Jum’at (04/11). Hasil survei indeks kepuasan masyarakat Banggai Laut selama kurun tiga triwulan menunjukan tren positif.


BALUT –  Hasil survey indeks kepuasan masyarakat (IKM) Banggai Laut menunjukan tren yang positif. Pada triwulan I nilai IKM mencapai 83,91, sementara pada triwulan II dan III masing-masing 86,65 dan  85,34. Nilai ini masuk dalam kategori baik.
Menindaklanjuti hal tersebut, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Banggai Laut menggelar forum komunikasi publik di ruang rapat DPM-PTSP Banggai Laut, Jum’at (04/11).
Hadir dalam kesempatan itu, Bagian Ortal Setda Banggai Laut, pelaku usaha serta beberapa pihak terkait.


Sekretaris Dinas PM-PTSP Moh. Iqbal Supa mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan FKP SKM yakni membahas permasalahan pelayanan publik sektor perizinan pada SKM Dinas PM-PTSP. Serta menyatukan pemahaman, persepsi antara pemerintah dalam hal ini dinas PMPTSP dengan masyarakat (pengguna layanan) serta pihak eksternal lainnya yg berkepentingan agar pelayanan dapat terlaksana dengan baik. Juga untuk membangun sinergitas, koordinasi antara perangkat daerah lainnya guna mendukung peningkatan pelayanan publik yang prima dan optimal.
“Prinsipnya untuk menciptakan saling pengertian dan kesepahaman tentang penyelenggaraan pelayanan publik, baik dinas PM-PTSP dengan OPD teknis, instansi vertikal maupun antara penyelenggara pelayanan dengan Masyarakat selaku Penerima Layanan,” kata Moh. Iqbal.

Kepala Dinas PM-PTSP Banggai Laut, Abdiguna A. Kamindang sendiri mengucapkan terimakasih kepada pelaku usaha yang telah berkontribusi dalam pengisian kousioner IKM mulai dari triwulan I sampai triwulan III.
“IKM mulai dari triwulan I sampai III semuanya baik,” kata Kadis Abdiguna.
Dirinya juga mengungkapkan, bahwa beberapa hari lalu Dinas PM-PTSP menerima kunjungan kerja Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan evaluasi penilaian kepatuhan pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Banggai Laut.
“Alhamdulillah, ada beberapa pelaku usaha yang dimintai keterangan oleh Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah dan semua baik,” ungkapnya. Mantan Kabag Hukum Setda Banggai Laut itu juga menyampaikan, bahwa dinasnya membuka diri jika ada pengaduan dari pelaku usaha. Dan kegiatan ini juga merupakan pertama kali dilaksanakan. “Jika ada keluhan silakan disampaikan, baik melalui kotak saran atau secara langsung, FKP SKM ini akan rutin dilakukan,” tutur Abdiguna.(IK)