Gubernur Sulteng Janji Alokasikan Anggaran Rp.50 Miliar Pembangunan SMKN 1 Luwuk

Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura berkomitmen menyediakan anggaran untuk pembangunan gedung SMK Negeri 1 Luwuk. Pernyataan itu disampaikannya saat mengunjungi SMKN 1 Luwuk, Jumat (13/1) pagi.

Kedatangan Gubernur di sekolah yang mengalami musibah kebakaran pada Mei 2021 lalu itu, disambut antusias oleh para guru dan pelajar.

“Saya akan Mengalokasikan Anggaran sebesar Rp. 50 M, kalau belum memungkinkan di ABT Tahun 2023 ini, akan dianggarkan Tahun 2024,” ujar Gubernur Rusdy.

Sebagaimana diketahui, kebakaran yang melanda gedung SMKN 1 Luwuk pada 24 Mei 2021 menghanguskan hampir seluruh bagian gedung sekolah. Kondisi tersebut tentu sangat mengganggu proses pembelajaran.

Meski demikian, proses belajar mengajar tetap dilakukan dengan memanfaatkan ruang kelas yang masih bisa digunakan, juga meminjam ruang kelas SMP Negeri 3 Luwuk. “Kita upayakan apa yang ada, minimal anak-anak tidak kena hujan pada saat proses pembelajaran,” ujar Kepala SMKN 1 Luwuk Evriaty Mahiwa.

Evriaty mengatakan, setelah pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, akhirnya para siswa dapat menggunakan ruang kelas di SMP Negeri 3 Luwuk. “Alhamdulillah kita difasilitasi oleh pemerintah daerah lewat kepala cabang dinas yang berkoordinasi dengan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai,” ujar Evri.

Komitmen Gubernur Rusdy untuk pembangunan gedung sekolah tidak hanya menjawab permasalahan para guru dan siswa-siswi SMKN 1 Luwuk, tapi juga sebagai bentuk dukungan untuk pendidikan di Kabupaten Banggai.

“Semoga kehadiran bapak gubernur bisa memberikan solusi kepada kami, minimal kita kembali lagi untuk proses belajar mengajar, kembali normal seperti sebelumnya,” ujar Evry.

Pada kesempatan itu, Gubernur Rusdy juga mengatakan, Kabupaten Banggai merupakan salah satu penyumbang terbesar peningkatan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sulawesi Tengah tahun 2022, di samping Kota Palu dan Kabupaten Poso.

“Saya laporkan di sini, IPM kita naik menjadi 70. Salah satu penyumbangnya adalah Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Sulawesi Tengah, nilai IPM Sulteng menyentuh angka 70,28. Angka ini meningkat 0,49 poin dari tahun 2021 yaitu sebesar 69,79.

Setelah memberikan sambutannya, Gubernur Rusdy bersama Bupati Amirudin meninjau langsung kondisi gedung SMKN 1 Luwuk.

Usai kunjungan kerjanya di SMK Negeri 1 Luwuk, Gubernur Rusdy Mastura bersama Bupati Banggai Amirudin bertolak ke Kecamatan Toili Barat dalam agenda peresmian gedung baru SMK Negeri 2 Toili Barat. (Dkf)