Disnakkeswan Serahkan Bantuan Mesin Tetas Untuk Kelompok Ternak Haper

BANGGAIPOST,Luwuk- Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) menyerahkan bantuan mesin tetas telur kepada Kelompok Ternak di Kelurahan Hanga-Hanga Permai (Haper), Jumat (1/10).

Mesin tetas yang diserahkan kepada Kelompok ternak Difa Farm tersebut berjumlah dua unit. Dengan volume setiap mesin dapat menetaskan sebanyak 100 butir telur ayam Super yang tengah dikembangkan.

Kepada BanggaiPost, Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Ir.Ferlyn Monggesang,MSi menjelaskan, sasaran program ini diarahkan pada sentra ternak yang memiliki potensi hasil peternakan cukup tinggi. Tujuannya adalah untuk mengembangkan perekonomian para pelaku usaha disektor peternakan dengan sistem kelompok.

“Kami berharap melalui bantuan mesin tetas telur ini, produksi ternak terus meningkat. Tentunya akan kelihatan perkembangannya, dan dapat dibandingkan jumlah ternak yang dihasilkan pada saat sebelum menggunakan mesin dan setelah alat itu digunakan. Pastinya terus mengalami kenaikan produksi,”tuturnya.

Usaha penetasan telur urai Ferlyn merupakan kegiatan yang sudah dilakukan peternak sejak bertahun-tahun. Namun pola penetasan masih menggunakan cara alami dengan memanfaatkan ayam sebagai sarana penetasan.

“Usaha penetasan telur yang dilakukan selama ini memiliki potensi untuk mendatangkan keuntungan. Terlebih lagi setelah mendapatkan bantuan mesin penetas modern. Kamipun akan memantau usaha kelompok ternak pasca bantuan mesin tetas itu diserahkan,”pungkasnya. (NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *