Demi Kelancaran Pendaftaran Bacakada, KPU Gelar Raker

  • RAKER: Untuk kelancaran pendaftaran bakal calon Bupati dan wakil Bupati, KPU gelar Raker dengan parpol dan stakeholder terkait. (FOTO MOHAMAD IKBAL/BANGGAI POST)

BANGGAI POST, BALUT– Guna memperlancar prosesi pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut yang akan dimulai tanggal 4 sampai 6 September, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai Laut menggelar rapat kerja persiapan pelaksanaan pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan pasangan calon pada pemilihan bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut tahun 2020. Kegiatan tersebut dihadir partai politik dan stakeholder terkait, Sabtu (29/8).
Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Banggai Laut, Muh. Syarif Asgar A. Uda’a mengatakan, dengan slogan KPU Melayani, maka KPU berencana membuat grup WA yang melibatkan parpol dan LO calon bupati. “Grup bersama ini guna transparansi informasi. Agar benar-benar semua terlayani dengan baik,” katanya.
Lanjut Ketua KPU, ada dua agenda yang dibahas secara bersama dalam rapat kerja kali ini. Dua agenda tersebut yakni persiapan pelaksanaan pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan pasang calon. “Dua agenda ini yang akan kita diskusikan bersama-sama, agar nanti pada waktu pendaftaran bisa berjalan lancar,” jelas Syarif Uda’a.

Pada kesempatan itu juga, Komisioner KPU Banggai Laut Divisi Teknis Penyelenggara, Syarif S. Ambu menjelaskan, untuk pemeriksaan kesehatan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut telah ada rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesian (IDI) Banggai Laut. Dimana RSUD Luwuk Akan menjadi lokasi pemeriksaan kesehatan bakal calon. “Untuk Banggai Laut pemeriksaan akan dilakukan mulai tanggal 8 sampai 11 September,” ungkap Syarif Ambu.
Terkait syarat calon dan pencalonan, Syarif Ambu menegaskan, wajib hukumnya lengkap pada saat mendaftar etape pertama. “Jadi tidak bisa kurang syarat calon maupun syarat pencalonan. Kalau syarat calon ada delapan, harus ada delapan. Kalau syarat pencalonan ada enam ya harus ada enam juga. Tidak bisa kurang, kalau tidak jelas dokumennya itu yang akan diperbaiki,” jelasnya. (IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *