Bupati Sofyan Kaepa Titip Desa Mbuang-Mbuang Menjadi Desa Binaan Dekranasda

SOFYAN KAEPA


BANGGAI POST, BALUT– Bupati Banggai Laut secara resmi mengukuhkan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banggai Laut periode 2021-2026, Senin (20/9) di pondopo Rumah Jabatan Bupati Banggai Laut.

Dalam sambutannya, Bupati Sofyan Kaepa menitipkan, Desa Mbuang-Mbuang Kecamatan Bokan Kepulauan menjadi desa binaan Dekranasda Kabupaten Banggai Laut.
“Dekranasda harus memiliki desa binaan. Dan desa binaan yang saya tentukan yakni desa Mbuang-Mbuang,” kata Bupati.

Desa Mbuang-Mbuang menjadi desa binaan bukan tanpa alasan. Bupati Sofyan menyampaikan, bahwa Desa Mbuang-Mbuang satu-satunya desa yang di Provinsi Sulawesi Tengah yang masuk 100 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Jadi Desa Mbuang-Mbuang akan menjadi kunjungan nasional dan internasional nantinya,” ucap Bupati.

Orang nomor satu Kabupaten Banggai Laut itu juga menyampaikan, bahwa Kepala Desa Mbuang-Mbuang telah menghadap, meminta petunjuk pengembangan pariwisata yang ada di desa Mbuang-Mbuang. Dan tugas Dekranasda bagaimana menciptakan kerajinan masyarakat yang bisa dikembangkan. “Nanti yang datang bukan hanya sekedar wisata saja, tetapi juga ada yang bisa di bawa pulang. Ini tugas Dekranasda dalam pembinaan di desa Mbuang-Mbuang,” tutur Bupati Sofyan Kaepa. (IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *