Bupati Sofyan Kaepa Resmikan Pengoperasian Titian Sejahtera

GUTING PITA : Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa meresmikan pengoperasian kapal penumpang milik desa Panapat di Pelabuhan Rakyat Banggai Laut, Rabu (10/11). (FOTO MOHAMAD IKBAL/BANGGAI POST)

 

BANGGAI POST, BALUT- Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa, meresmikan, pengoperasian kapal penumpang antar pulau di Bokan Kepulauan, Rabu (10/11). Kapal milik desa Panapat itu digunakan untuk mempermudah dan mempercepat sarana transportasi laut baik itu wisatawan maupun masyarakat.

Bupati Sofyan menjelaskan kepada jajaran Pemkab Banggai Laut baik itu OPD, Camat maupun Kepala Desa harus banyak berinovasi. Seperti yang dilakukan oleh Kepala Desa Panapat, Ia mampu membaca peluang.
“Seperti diketahui di daerah bokan kepulauan banyak menyimpan wisata, dengan peluang ini Kepala Desa Panapat mampu menangkapnya, yang biasanya ke sana itu butuh 4-5 jam, nah kapal ini bisa di carter agar memangkas waktu bagi wisatawan,” ungkap Bupati Sofyan.

Disisi lain, Kapal yang di diresmikan itu merupakan anggaran DD desa Panapat sendiri yang dialokasikan selama dua tahun.
“Ini adalah usaha Desa atau Bumdes,” jelasnya.

Dengan adanya usaha ini, ujar orang nomor satu di Banggai Laut itu, pastinya akan mempekerjakan masyarakat, artinya membuka lapangan pekerjaan. “Mudahan-mudah ini bisa diikuti oleh desa lainya dengan membuat usaha desa yang bisa membuka lapangan kerja,” tuturnya.

Selain itu, Bupati Sofyan juga berpesan kapal yang diresmikan tersebut dijaga dan dirawat dengan baik.
“Dan jangan disalah manfaatkan,” pungkas dia.

Perlu diketahui kapal yang diresmikan itu memiliki kapasitas penumpang sebanyak 40 orang dengan jarak tempuh yang kurang lebih dua jam. “Artinya kenyamanan untuk transportasi laut terus ditingkat,” tandasnya.

Kepala desa Panapat Abdi Rahman mengatakan, kapal penumpang yang diberi nama Titian Sejahtera dibuat menggunakan Dana Desa (DD) dengan menelan biaya kurang lebih Rp. 970 juta.
“Di anggarkan dua tahun DD, tahun pertama DD 2020 untuk kapalnya dan tahun kedua DD 2021 untuk mesin berserta aksesoris lainnya,” ungkapnya. (IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *