Bupati Sofyan Kaepa Lantik 33 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak

BANGGAI POST, BALUT- Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa melantik dan mengambil sumpah 33 kepala desa di halaman Kantor Bupati Banggai Laut, Rabu (01/11). Sebanyak 33 kepala desa terpilih yang dilantik merupakan hasil dari pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2023 dengan Masa Jabatan 2023-2029.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sofyan Kaepa mengucapkan selamat kepada para kepala desa yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya. Bupati Sofyan juga menyampaikan selamat dan sukses atas dilantiknya Ketua TP-PKK desa serta memberikan apresiasi kepada panitia pilkades.

“Saya mengapresiasi kerja panitia Pilkades yang hingga hari ini pelantikan sukses terlaksana,” kata Bupati.

Di samping itu orang nomor satu di Kabupaten Banggai Laut mengingatkan kepada kepala desa yang baru saja dilantik dan diambil sumpah untuk mengelola keuangan desa sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Setelah resmi saya lantik maka ada dua resiko yang akan menghadapi saudara-saudara. Kaki kanan kita di penjara dan kaki kiri kita di kubur. Karna bapak- bapak diperhadapkan dengan dua keuangan. Pertama ADD dan kedua DD, ini semua uang negara yang harus di pertanggungjawabkan,” terang Bupati Sofyan.

“Yang dikelola bukanlah uang pribadi. Kalau haknya bapak silakan ambil tapi yang bulan hak jangan ambil. Dompet hanya enam jangan bikin satu lagi. Jangan memperkaya diri selama menjabat,” tambahnya.

“Ada Kejaksaan, ada polisi dan sering koordinasi dengan inspektorat, jangan takut. Inspektorat itu bukan dinas yang ditakuti itu kepala desa tetapi tempat bertanya. Tanyakan apa anggaran ini bisa saya lakukan untuk ini kalau sesuai dengan perundang-undangan dan peraturan laksanakan,” tutur Bupati Sofyan.

Sebagai informasi Kepala Desa yang baru dilakukan pelantikan yakni

Kecamatan Banggai : Desa Lampa, Lambako dan Tinakin.

Kecamatan Banggai Tengah : Desa Adean dan Gonggong.

Kecamatan Banggai Selatan : Desa Tolokibit dan Labuan Kapela.

Kecamatan Banggai Utara : Desa Bone Baru, Lokotoi, Paisu Mosoni, Popisi dan Tolise Tubono.

Kecamatan Bokan Kepulauan : Desa Minanga, Mbuang-Mbuang, Kaukes, Kasuari, Panapat, Bolokut, Mandel, Ndi ndibung, Bungin, Nggasuang dan Kokudang.

Kecamatan Bangkurung : Desa Togong Sagu, Kalupapi, Bungin Luean, Lalong dan Kanari.

Kecamatan Labobo : Desa Alasan, Bontosi, Lipu Talas dan Lipu Lalongo. (IK)