Bupati Banggai Salurkan Puluhan Perahu Fiber Untuk Nelayan 

Bupati Banggai Ir.H.Amirudin,MM saat menyerahkan bantuan sarana tangkap berupa perahu fiber kepada Nelayan.

BANGGAIPOST.COM,Luwuk– Bupati Banggai Amirudin menyerahkan 38 unit perahu fiber kepada 11 kelompok nelayan yang tersebar di 7 kecamatan, Kamis (28/12/2023), di area galangan kapal Desa Kayutanyo, Luwuk Timur.

Bantuan sarana perikanan tangkap berupa perahu fiber tersebut merupakan program Pemkab Banggai melalui Dinas Perikanan dalam upaya menyejahterakan kehidupan nelayan. Dari 38 unit perahu yang dibagikan, 34 unit di antaranya merupakan perahu fiber berukuran 6 meter dan 4 unit berukuran 11 meter.

Saat berdialog dengan para nelayan, Bupati Amirudin menjelaskan bahwa, komoditas sektor perikanan memberi kontribusi positif pada penurunan inflasi di Kabupaten Banggai. Atas kinerja tersebut, Pemkab Banggai mendapatkan dana intensif fiskal dari Kementerian Keuangan.

“Di bidang perikanan kita deflasi, makanya kita dapat (intensif fiskal pengendalian inflasi) yang tahap kedua itu Rp.9,9 miliar, tahap pertama Rp.10 miliar. Dan itu sudah kita salurkan dalam rangka menekan inflasi,” terang Bupati Amirudin.

Besarnya peluang usaha di sektor perikanan Banggai, kata Bupati Amirudin, cukup menarik bagi investor. “Ada satu perusahaan yang tertarik melakukan kontrak kerja sama dengan kita untuk membeli semua jenis ikan. Tapi masalahnya saat ini, kita belum punya cold storage,” tuturnya.

Untuk itu, di tahun 2024 Bupati Amirudin menargetkan untuk membangun cold storage (gudang berpendingin) yang dapat menampung hasil tangkapan nelayan. Dengan begitu, diharapkan tidak ada lagi nelayan yang sulit menjual hasil tangkapannya.

Untuk memastikan program bantuan yang telah disalurkan tepat guna dan tepat sasaran, Bupati Amirudin meminta Dinas Perikanan rutin melakukan evaluasi.

“Yang jelas, apa yang betul-betul dibutuhkan nelayan, itulah yang akan kita berikan,” ujar Bupati.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banggai Benyamin Pongdatu mengatakan, bantuan sektor perikanan pada tahun 2024 mendatang akan menyasar nelayan yang belum mendapatkan bantuan di tahun 2023.

“Nanti disampaikan kepada teman-teman nelayan yang lain, khususnya yang belum mendapat bantuan di tahun ini agar bersabar. Kami berupaya agar di tahun 2024 bisa mendapatkan bantuan,” ujar Kadis Perikanan.

Sebelumnya, Bupati Banggai juga menyerahkan bantuan sarana perikanan tangkap berupa 25 mesin ketinting dan 5 mesin tempel kepada 30 kelompok nelayan di 12 kecamatan. Bantuan tersebut diserahkan di Tempat Pelelangan Ikan Luwuk, pada Oktober 2023. (Dkf)