Bupati Banggai Prihatin 90 Persen Tingkat Ketergantungan Terhadap Transfer Pusat

Bupati Banggai Ir.H.Amirudin Tamoreka

 

BANGGAIPOST,Luwuk- Bupati Ir.H.Amirudin Tamoreka mengatakan Sumber Daya Kabupaten Banggai cukup kaya, akan tetapi pendapatan daerah hanya bergantung dari dana Transfer Pusat baik itu DAU,DAK,DBH,DID dan Sumber lainnya.

“Ketergantungan kita terhadap pusat itu sangat besar, kurang lebih di angka 90%, sangat disayangkan, apabila di biarkan akan mempengaruhi APBD kita kedepan, potensi sektor Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banggai ini yang akan kita genjot, agar daerah kita bisa mandiri,tidak bergantung di pusat” Ungkap Bupati saat memberikan sambutan pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) rencana pembangunan industri Kabupaten Banggai yang digelar di Hotel Santika, Senin (4/10).

Sebagai solusi untuk mengatasi ketergantungan kepada Pemerintah Pusat kata Bupati dengan memanfaatkan pengelolaan potensi daerah secara optimal.

Industri Migas serta dan turunannya, Industri Sumber Daya Alam lainnya yang telah dikembangkan di Kabupaten Banggai harus dapat berkontribusi memaksimalkan realisasi Pendapatan Daerah.

“PAD dari Pajak, PBB, retribusi, dll Juga sangat rendah, Dinas Pendapatan harusnya bisa mencari peluang peluang pajak lain, dan jangan ada oknum dinas Pendapatan yang bermain di sektor pajak ini, ” tegas Bupati Amirudin. (Ns/BP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *