Bupati Banggai Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-78, Dihadiri Veteran 

Bupati Banggai Ir.H.Amirudin Tamoreka,MM

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78, bertempat di Lapangan Tribun Mirqan Halimun, Kecamatan Luwuk Selatan, pada Jumat (10/11/2023).

Dalam momen penuh makna ini, Bupati Amirudin memimpin upacara dengan khidmat, menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO dalam membacakan amanat Menteri Sosial RI menyampaikan bahwa hari ini 10 November 2023 kita memperingati Hari Pahlawan, hari yang sangat bermakna bagi kehidupan kita berbangsa dan bernegara.

“Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”,” ujar Bupati Banggai.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan bahwa Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri,” kutip Bupati Amirudin.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Mensos mengajak untuk bersama bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera.

Usai upacara dilanjutkan ziarah ke taman makam pahlawan, kemudian tabur bunga dilaut.

Agenda tabur bunga dipusatkan di dermaga Pinasa Luwuk, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakapolres Banggai Kompol Margiyanta, SH, MH., diikuti barisan prajurit TNI dan personel kepolisian.

Upacara ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai.

Setelah melaksanakan rangkaian upacara, Kegiatan peringatan ini ditutup dengan acara Ramah Tamah yang dihadiri oleh Forkopimda, Veteran Perintis Kemerdekaan dan Keluarga Pahlawan. (Dkf)