Bupati Banggai Launching Bumdes Kampung Konau

Launching BUMDES Kampung Konau.[Foto:Diskominfo]

BANGGAIPOST.COM,Nuhon- Bupati Banggai, Ir. H.Amirudin, MM., AIFO melaunching Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) kampung Konau dan Penyerahan Alat-alat Pertanian di Desa Tetesulu, Kecamatan Nuhon, Selasa (1/8/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin mengatakan, Bumdes Kampung Konau dan Bumdes lainnya dapat menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat, serta mengembangkan daya saing masyarakat dalam memberdayakan potensi yang ada di desa.

“Kalau hari ini sukses, maka tahun depan akan mendapatkan lagi 100 juta bahkan sampai 500 juta, dan kami harapkan untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena bantuan ini dipantau langsung oleh pihak penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan,” ujar Bupati Amirudin.

Lebih lanjut, Bupati Banggai, meminta kepada para pengelola bumdes aktif mencari dan belajar dari bumdes serupa, yang telah lebih dulu berdiri dan dianggap berhasil dalam mengelolanya.

“Pengelolaan Bumdes harus mengedepankan profesionalitas para pengurusnya, sehingga bumdes dapat terus berkembang dan berinovasi,” tutur Bupati Amirudin.

Kabupaten Banggai kata Bupati, memiliki potensi sektor pertanian dengan Luas Wilayah 9.672.70 Ha yang terdiri dari lima bagian yaitu tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan darat.

“Selanjutnya, bagaimana membuat pertanian yang tangguh, peternakan yang baik, perikanan yang baik nanti 20 Tahun kedepan kita tidak ketergantungan lagi dengan Dana Bagi Hasil (DBH),” jelas Bupati Amirudin.

Hal ini sangat sejalan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, sebagaimana visi Pemerintah Kabupaten Banggai yakni “Terwujudnya Banggai Maju, Mandiri Dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal”.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga sejalan dengan misi Pemda Banggai yang tertuang dalam Misi Kedua Dan Ke-empat yang berbunyi “Menciptakan kemandirian ekonomi yang produktif dan berdaya saing melalui pemanfaatan teknologi, dan peningkatan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan yang berbasis lingkungan”.

Dikesempatan itu juga Bupati menyetahkan santunan ahli waris oleh Asuransi Ketenagakerjaan, semoga orang yang di tinggalkan dalam hal ini anak dan istrinya tidak menjadi orang miskin baru karena tidak ada lagi yang memberikan nafkah.

“Oleh dan sebab itu, hal ini akan dicover oleh asuransi ini baik kepada anak-anaknya sekolah sampai dengan sarjana dan yang di tanggung oleh asuransi 2 orang anak saja, begitu juga ibunya diberikan bantuan untuk dimanfaatkan dalam menyambung kehidupan yang baru,” tegas Bupati Amirudin menutup sambutannya.

Turut Hadir mendampingi Ketua Komisi 1 DPRD Banggai Irwanto Kulap, Kadis TPHP, Kadis PMD, Kepala DKISP, Kabag Tapem Dan Kabag Prokopim Setda Banggai, Para Kades Dan BPD Se-Kecamatan Nuhon, Bunta, Simpang Raya, Unsur Forkopimcam, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, serta undangan. (Dkf)