Buntut Perselisihan Jamaah Pendukung Imam, Polisi Amankan Pemilihan Imam Masjid Sobol Baru Banggai

Polsek Lamala saat melakukan pengamanan proses pemilihan imam Masjid Desa Sobol Baru, Kecamatan Mantoh.[Foto:Humas Polres Banggai]

BANGGAIPOST.COM,Mantoh- Personel Polsek Lamala mengamankan pemilihan imam Masjid At-Tauhid di Desa Sobol Baru, Kecamatan Mantoh, Sabtu (22/7).

Pengamanan pemilihan Imam yang diikuti 44 warga tersebut, dipimpin langsung oleh Kapolsek AKP Zulfikar, SH.

Hadir juga Camat Mantoh Drs. Herry Mantuges, KUA Mantoh Ahmad Saleh, S.Pdi, Sekcam Bambang Saajdad, S.Com, Kades Monti Lasompoh.

Kegiatan pemilihan ini dilakukan menyusul kekisruhan antar Jemaah pendukung imam lama dan masyarakat yang meminta pergantian karena ada dugaan penyalahgunaan dana di Masjid tersebut.

“Akibatnya pelaksanaan Adzan dan Sholat berjamaah maupun Sholat Jumat, dilaksanakan dua kali dengan imam yang berbeda,” ujar Kapolsek Lamala.

Perselisihan tersebut kemudian ditangani oleh Pemerintah Kecamatan Mantoh dan kemudian disepakati untuk dilakukan pemilihan imam baru.

Selain terpilih imam atas nama Darwin Akuba yang unggul atas Bahrun Laeti dan Masri Akuba dengan perolehan suara 44 dan lainnya kosong/tidak dapat suara.

AKP Zulfikar, memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap jaga Kamtibmas bersama dan kepada kepada imam yang terpilih untuk tetap merangkul Jemaah yang sebagian besar tidak datang pemilihan. Karena dari 97 jemaah At-Tauhid, hadir pemilihan 44 orang dan 53 lainnya tidak datang.

“Kami berharap, Kepada imam dan warga bisa bekerja tanpa beban, sesuai tugas pokok dan fungsinya sebagai penyelenggara kegiatan keagamaan di desa,” pungkasnya. (Hmp)