Bulan Depan, Kapal Ferry KMP Tanjung Api Mulai Beroperasi di Bokan Kepulauan

Manager Usaha PT.ASDP (Persero) Luwuk saat menemui Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa.[Foto:Istimewa]

BANGGAI POST, BALUT- Dipastikan bulan depan, Kapal Ferry KMP Tanjung Api akan mulai beroperasi dengan rute Banggai-Bokan.

Informasi tersebut disampaikan oleh Manager Usaha PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Luwuk, Rahim, saat bertemu dengan Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa di rumah jabatan Bupati, Senin (14/08).

Dikesempatan itu, ia menyampaikan rencana mulai beroperasinya KMP. Tanjung Api Banggai-Bokan.

“Rencananya tanggal 1 September, rute Kapal Ferry Banggai-Bokan mulai beroperasi,” kata Rahim.

Bupati Sofyan Kaepa pun menyahuti apa yang disampaikan Manager Usaha PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Luwuk itu.

“Bulan September mulai ya, kebetulan juga ada agenda peresmian tanggul di dusun Kawalu Desa Panapat di Bulan September ini,” jawab Bupati Sofyan.

Manager Usaha PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Luwuk, Rahim, mengakui kepiawaian Bupati Sofyan Kaepa.

Pasalnya, rute beroperasi Kapal Ferry KMP Tanjung Api sudah selesai ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan Darat pada awal tahun, berkat sentuhan tangan dingin Bupati, rute tersebut bisa diubah.

“Kontrak rutenya sudah ada SK, tiba-tiba di telpon dari kementerian untuk adendum kontrak, ditambahkan rute Banggai-Bokan. Ini tidak pernah terjadi hanya di Banggai Laut bisa seperti ini. Luar biasa memang Pak Bupati Banggai Laut,” tuturnya.

Terkait dengan jadwal pemberangkatan kapal Ferry KMP. Tanjung Api, Rahim mengatakan, waktu berangkat akan menyesuaikan dengan pasang surut air laut.

“Untuk jam berangkat nanti akan menyesuaikan dengan pasang surut. Setelah operasi perdana tentunya akan ada jadwal rute Banggai-Bokan,” terangnya.

Sekadar diketahui, sebelum beroperasinya kapal Ferry KMP Tanjung Api pada bulan September nanti pemerintah daerah kabupaten Banggai Laut melalui dinas Perhubungan telah melakukan Pembangunan Plensengan Fery Pada Pelabuhan Rakyat Kaukes tahun 2022. (IK)