Bertaraf Internasional, Begini Konsep Festival Pesona Banggai Serumpun

Rapat Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Festival Pesona Banggai Serumpun (PBS), yang digelar di ruang rapat khusus kantor Bupati Banggai, Senin (4/4).[Foto:Bagian Prokopim Setda Banggai]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Bupati Banggai H. Amirudin Bersama wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin, membuka Rapat Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Festival Pesona Banggai Serumpun (PBS), yang akan di selenggarakan pada Tangal 10 s/d 30 agustus 2022 mendatang.

Rapat tersebut di laksanakan di ruang Rapat Khusus Kantor Bupati Banggai Senin (4/4).

Dalam sambutannya, Bupati Banggai mengatakan, sebagai festival pariwisata berbasis kawasan Wisata, Pesona Banggai Serumpun (PBS) akan menampilkan kekayaan khasanah budaya, kearifan lokal, makanan tradisional dan nasional serta destinasi wisata dari tiga kabupaten serumpun.

Dalam pelaksanaannya, PBS akan menggabungkan beberapa festival pariwisata yang rutin digelar setiap tahun di wilayah Banggai Brothers, seperti Festival Teluk Lalong di Banggai, Festival Sea-sea di Bangkep, dan Festival Sasampe di Balut.

“Kita menyambut baik kegiatan ini, apalagi sudah ada beberapa negara (wisatawan asing) yang ikut mendaftar,” ujar Bupati Banggai. Hal ini menegaskan bahwa Banggai Bersaudara siap menggelar event pariwisata bertaraf internasional,”tegas Bupati.

“Pandemi COVID-19 diharapkan terus melandai, pengembangan wisata di tiga kabupaten bersaudara tersebut diyakini dapat kembali bergeliat,”tambahnya berharap.

Setelah Sambutan dan arahan Bupati Banggai di lanjutkan dengan perwakilan masing-masing kabupaten memaparkan beberapa festival pariwisata andalan yang rutin diselenggarakan setiap tahun serta sejumlah kendala yang dihadapi.

Kegiatan Pembukaan Pesona Banggai Serumpun akan digelar pertama di Banggai Kepulauan. Lanjut ke Banggai Laut dan Sementara Kabupaten Banggai akan menjadi lokasi penutup rangkaian event PBS yang direncanakan berlangsung selama 20 hari (10 s/d 30 Agustus 2022).

Kegiatan Tersebut di hadiri Sekretaris Daerah Kab.Banggai, Asisten II, Kepala Bappeda Kab.Banggai, Kadis Parawisata Kab.Banggai, Kepala Bappeda Banggai Laut (Balut), Kadis Parawisata Banggai Laut (Balut), Asisten I Banggai Kepulauan (Bangkep),Kepala Bidang Bapeda Banggai Kepulauan (Bangkep), Kadis Parawisata Banggai Kepulauan (Bangkep). (BP)