APBD-P 2023 Mulai Dibahas, Seluruh Fraksi Setuju Pembahasan Ke Tingkat Banggar

BANGGAI POST, BALUT- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai Laut menggelar rapat paripurna Pembahasan rancangan peraturan daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Banggai Laut Tahun anggaran 2023, Jum’at (21/9) malam.

Paripurna Raperda APBD-P 2023 yang berlangsung di ruang sidang utama Kantor DPRD Banggai Laut dipimpin langsung Ketua DPRD Mahdiani Bukamo, didampingi Wakil Ketua I Patwan Kuba dan Wakil Ketua II Jamaludin R Bunsiang. Laut. Dari pihak eksekutif, dihadiri Wakil Bupati Banggai Laut Ablit H. Ilyas, turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Ruslan Tolani, Staf Ahli, Asisten, Kepala-kepala OPD di lingkup Pemda Banggai Laut.

Ketua DPRD Banggai Laut Mahdiani Bukamo mempersilahkan kepada Wakil Bupati untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran terkait dengan raperda APBD-P tahun anggaran 2023.

Wabup Ablit mengatakan, pengajuan rancangan peraturan daerah tentang APBD-P tahun anggaran 2023, merupakan amanat konstitusi sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang mengamanatkan bahwa pemerintah daerah untuk melaksanakan 4 (empat) bidang kewenangan yaitu urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, urusan wajib tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, urusan pilihan, dan urusan penunjang.

Orang nomor dua di Banggai Laut itu menjelaskan, bahwa penyusunan RAPBD-P 2023, diawali dengan penerbitan surat edaran Bupati tentang pedoman penyusunan RKAP-SKPD dan RKAP-PPKD tahun anggaran 2023, penyusunan RKA-SKPD yang mengacu pada program dan kegiatan prioritas pada KUPA/PPAS-P dan RKPD-P tahun 2023 yang merupakan penjabaran pelaksanaan RPJMD kabupaten Banggai Laut tahun 2021-2026 dan tentunya tetap memperhatikan ketentuan sebagaimana diatur dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 84 tahun 2022 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2023.

“Penyusunan APBD-P kabupaten Banggai Laut 2023 ini diharapkan dapat lebih mendorong kinerja pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial dengan tujuan agar dapat merangsang perekonomian masyarakat kabupaten banggai laut sehingga berdampak juga pada laju pertumbuhan ekonomi nasional yang sempat turun sejak adanya pandemi covid-19 pada tahun-tahun sebelumnya,” jelas Wabup Ablit.

Lebih lanjut, dia (Wabup Ablit, red) RAPBD-P kabupaten Banggai Laut 2023 merupakan rencana kerja serta alat kontrol bagi pemerintah daerah yang diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan program atau kegiatan.

“Sehingga kita dapat mengukur dan mengevaluasi sejauh mana kemampuan serta kinerja setiap OPD, termasuk juga konstribusinya terhadap pendapatan daerah,” tuturnya.

“RAPBD-P 2023 diupayakan untuk menampung prioritas kebijakan pemerintah daerah kabupaten banggai laut yang tertuang dalam kebijakam KUPA serta PPAS-P Kabupaten Banggai Laut tahun 2023 yang telah disepakati bersama antara pemerintah daerah dengan pimpinan DPRD sebelumnya,” ucap Wabup Ablit.

Setelah Wabup Ablit selesai menyampaikan sambutan Bupati, Ketua DPRD Mahdiani Bukamo melanjutkan rapat paripurna dengan mempersilahkan kepada fraksi-fraksi untuk menyampaikan pandangan fraksinya.

Kesempatan pertama diberikan pada Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan Bersatu. Pandangan fraksinya disampaikan sekretaris fraksi Abukar O. Sumail. Dan dalam pandangan fraksi yang terdiri dari partai PDI-P dan Perindo itu menyetujui raperda APBD-P dilanjutkan pembahasannya ke tingkat banggar. “Kami dari fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan Bersatu menerima ranperda APBD-P untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya,” tuturnya.

Setelah selesai fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan Bersatu menyampaikan pandangan fraksinya, dilanjutkan fraksi Demokrat Berkarya melalui juru bicara Laongke. Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) melalui sekretaris fraksinya, H. Ardianto Agussalim. Fraksi Nurani Kebangsaan disampaikan Mursalam A. Moh. Saleh dan terakhir Fraksi Merah Putih yang disampaikan H. Alaudin H.Ilyas.

Secara keseluruhan semua fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Banggai Laut menyetujui Raperda APBD-P tahun anggaran 2023 dilanjutkan ke tahap berikutnya yakni Pembahasan ditingkatkan Banggar. (IK)