Hadir di Roadshow Karang Taruna, Ini Kata Ketua Forum Kepala Desa Banggai Laut

Azis Muchtar


BANGGAI POST, BALUT – Ketua Forum Kepala Desa se-kabupaten Banggai Laut yang juga Kepala Desa Lambako Kecamatan Banggai, Azis Muchtar ikut hadir dalam roadshow karang taruna. Pada kesempatan itu, Aziz Muchtar mengatakan, bahwa kondisi Banggai Laut saat ini menunjukkan tren yang baik. Dan tren yang baik ini mendukung pemuda untuk mengambil peran.
“Tren positif ini, pemuda harus mampu mengekspresikan kemampuan-kemampuan yang dimiliki dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ketua Azis Muchtar.
Dia juga memaparkan bagaimana pentingnya gerakan-gerakan kepemudaan sebelum kemerdekaan RI sampai saat ini. “Tahun 1908 lahir sebuah organisasi Budi Otomo, kemudian tahun 1928 berkumpulnya para pemuda yang kemudian kita kenal dengan Sumpah Pemuda. Tidak sampai disitu, peran pemuda menculik Presiden RI pertama Soekarno, mendesak Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan RI,” papar Azis.
Terkait keberadaan karang taruna saat ini, Azis mengatakan, bahwa paradigma karang taruna yang ada di desa masih sebatas kegiatan-kegiatan olahraga saja atau muncul dikala ada momentum seperti hari-hari besar.
“Saya pikir ini PR buat kita semua, paradigma karang taruna ini harus dirubah. Dan kepala desa pastinya akan mendukung semua program-program kepemudaan yang ada di desa,” ungkapnya. “Semoga dengan roadshow karang taruna Kabupaten ini, karang taruna yang ada desa lebih memahami tentang tugas sebagai karang taruna,” tutur Azis Muchtar.(IK)