Satukan Persepsi, KT Banggai Laut Gelar Roadshow di Kecamatan

BANGGAI POST, BALUT- Karang Taruna Kabupaten Banggai Laut gelar roadshow di kecamatan se Banggai Laut yang dimulai dari Kecamatan Banggai yang dilaksanakan di BPU desa Lampa Kecamatan Banggai, Senin (22/8).

Ketua panitia Wiratno Saratun dalam laporannya mengatakan, bahwa tujuan dari roadshow yakni agar terciptanya generasi pemuda dan warga karang taruna yang sadar akan tanggung jawab sosial di dalam masyarakat. Terbentuknya jiwa dan semangat kejuangan generasi muda warga karang taruna yang terampil dan berkepribadian serta berpengetahuan. Rekonsiliasi dan sinkronisasi database kepengurusan karang taruna se-kabupaten Banggai Laut. Sebagai sarana informasi kepada pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa serta karang taruna itu sendiri agar dapat mengetahui dan menjalankan apa yang menjadi amanat undang-undang tentang keberadaan karang taruna disemua tingkatan kepengurusan. “Inilah yang menjadi tujuan dari roadshow,” ungkap Wiratno.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Banggai Laut Ali Hamid dalam sambutannya mengatakan, bahwa gerakan pemuda Banggai Laut saat ini masih terlihat stagnan dan parsial. Kalaupun ada pemuda yang bergerak kata Ali Hamid itu masih bersifat sendiri-sendiri saja.

“Sehingga roadshow ini dilaksanakan sebagai bentuk penyatuan persepsi tentang karang taruna itu sendiri. Apalagi keberadaan karang taruna di jamin oleh pemerintah bukan hanya Pemerintah Kabupaten tetapi juga pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial. Karna Pembina utama karang taruna yaitu Presiden RI dan masuk dalam pembina umum itu Gubernur, Bupati, Walikota, Camat, Lurah dan Kepala Desa,” terang Ali Hamid.

“Karang taruna ini sudah dijamin oleh pemerintah tetapi kenapa belum bisa bergerak, karna ada hal-hal teknis dilapangan yang belum dapat kita selesaikan. Masih banyak masyarakat kita yang menganggap bahwa karang taruna itu hanya sebatas olahraga saja,” tambahnya.

Padahal kata Ali Hamid, ada dua tugas umum kita sebagai karang taruna pertama pemberdayaan dan kedua kesejahteraan sosial. Ini harus dipahami oleh kita semua, program kesejahteraan sosial tidak sama dengan PKH. Tetapi program PKH adalah mitra dari karang taruna.

“Banyak hal yang perlu kita diskusikan dan rumuskan bersama-sama terkait dengan keberadaan dan peran karang taruna mulai dari tingkat desa, kecamatan dan Kabupaten,” tuturnya.

“Hasil dari konsolidasi dan diskusi ini akan kami sampaikan ke Bupati Banggai Laut sebagai laporan,” kata Ali Hamid.

Pada kesempatan itu juga, Karang Taruna Kabupaten Banggai Laut memberikan bantuan berupa sembako kepada beberapa warga Desa Lampa. (IK)