BCF Jadi Andalan Banggai Laut di Pameran AOE 2022

MINIATUR KERATON BANGGAI: Seorang pengunjung berfoto bersama petugas stan pameran Banggai di ajang AOE 2022 yang konstruksinya mirip keraton Banggai. 


BANGGAI POST, BALUT– Pterapogon kauderni alias Banggai Cardinal Fish (BCF), ikan laut endemik asal kepulauan Banggai menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pameran kala melewati stan pameran Banggai Laut pada APKASI Otonomi Expo (AOE) 2022, JCC Senayan Jakarta.
Kehadiran puluhan pengunjung di stan Pameran Banggai Laut bukan hanya sekedar melihat BCF saja tetapi ada juga yang ingin membeli.
“Ikan hias ini di jual ya,” tanya seorang pengunjung.
“Iya dijual tapi belum sekarang, ibu,” jawab Sunarto A. Sadjama, Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal Dinas PM-PTSP Kabupatan Banggai Laut.
Seperti diketahui, pada pameran AOE 2021, BCF menjadikan Kabupaten Banggai Laut sebagai juara I dalam Kategori Komoditi Unggulan Khusus.
“Harapan yang sama semoga tahun 2022 Banggai Laut bisa meraih juara I lewat BCF,” tutur Sunarto dengan penuh keyakinan.

Sedangkan itu, salah satu pengusaha ikan hias asal Desa Bonebaru Kecamatan Banggai Utra, Sarli Yakil mengatakan, bahwa memang BCF ini merupakan salah satu ikan hias yang banyak diminati. Sehingga tidak heran kalau banyak yang datang berkunjung di stan Pameran Banggai Laut.
“Tadi juga dari kementerian Perikanan dan Kelautan juga menyempatkan diri berkunjung ke sini,” katanya.
Dirinya juga mengatakan, Pameran AOE 2022, bukan hanya BCF saja yang ada dalam aquarium. Tetapi juga ikan hias seperti Leter Six, Clown Fish dan juga lobser sama anemon. “BCF itu ada sekitar 200 ekor,” ungkap Sarli. (IK)

Baca Juga :  Paslon HATIMU Jalani Swab Test di RSUD Luwuk