Puluhan Petani Duduki Kantor DPRD Banggai

Puluhan Petani saat menduduki kantor DPRD Banggai, Senin (4/7).

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Dibiarkan begitu saja, puluhan petani menduduki dan menginap di gedung kantor DPRD Kabupaten Banggai.

“Malam ini teman-teman akan menginap di depan kantor DPRD sampai dengan adanya keputusan dari pihak pemerintah daerah” Ujar Sugianto, Senin, 4 Juli 2022.

Aksi protes ini dilakukan buntut kekecewaan puluhan petani terhadap Tim bentukan Bupati Banggai, yang tak kunjung menyelesaikan polemik lahan petani dengan PT. Sawindo Cemerlang.

“Petani telah di janjikan dan beberapa telah di tetapkan tersangka namun Tim pokja tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan” Lanjutnya.

Meskipun membawa anak kecil, puluhan petani ngotot untuk tetap menginap. Nantinya petani juga akan melakukan malam refleksi 12 tahun perampasan tanah yang dilakukan PT. Sawindo Cemerlang. “Dalam malam refleksi petani akan dan mahasiswa melakukan pentas musikalisasi dan puisi” Ungkapnya.

FPBLS dalam tuntutan aksi demonya menuntut antara lain, Menolak HGU PT. Sawindo Cemerlang, Meminta kembalikan dan cabut sawit di atas lahan petani, meminta ganti rugi atas lahan petani yang telah di gunakan selama 12 tahun dan meminta untuk menghentikan dan mencabut proses hukum petani sawit Batui dan Batui Selatan atas tuduhan Perusahaan.(*)