KKIG Banggai Laut Dilantik, Bupati Minta Dua Hal

MINTA IKUTI JEJAK KKIG: Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa berpidato pada pelantikan pengurus KKIG Banggai Laut. Bupati meminta paguyuban lain mengikuti jejak KKIG Banggai Laut.


BANGGAI POST, BALUT- Dewan Pembina Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (DPP-KKIG) Provinsi Sulawesi Tengah, Mahyudin Piu melantik serta mengukuhkan pengurus DPC-KKIG Banggai Laut (Balut) periode 2020-2024, disaksikan Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, di Gedung Ali Hamid, Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut, Jum’at (24/06) malam. Pelantikan dan pengukuhan pengurus DPC KKIG Kabupaten Banggai Laut masa Bhakti 2020-2024 mengusung tema “Melestarikan Budaya yang Berkearifan Lokal”.

Bupati Sofyan Kaepa dalam sambutannya menyatakan, bahwa berbagai organisasi kerukunan etnis di Banggai Laut merupakan tanda yang baik untuk perkembangan daerah dan juga menandakan bahwa masyarakat Banggai terbuka untuk menerima semua paguyuban yang ada di Banggai Laut.
“Banyak suku yang ada di Banggai Laut, Jawa, Bugis, Buton, Muna, Minahasa, Gorontalo dan yang lainnya. Malam ini KKIG telah menunjukkan betapa eratnya persaudaraan di Banggai Laut. Semoga paguyuban lainnya bisa mengikuti jejak KKIG. Karena pemerintah daerah akan selalu ada dan hadir di setiap kegiatan paguyuban,” katanya.

Lanjutnya, keberadaan KKIG di Banggai Laut sudah lama. Sehingga masyarakat Gorontalo yang ada saat ini sudah menjadi orang Banggai. “KKIG merupakan bagian dari masyarakat Banggai,” tutur Bupati Sofyan disambut tepuk tangan yang meriah dari pengurus KKIG dan tamu undangan yang hadir.

Ia juga mengatakan, bahwa pemerintah saat ini membutuhkan pikiran semua pihak. Karena semua stakeholder mempunyai peran penting dalam membangun Banggai Laut, termasuk keberadaan KKIG saat ini. “KKIG ini penyemangat karena dilihat dari warna baju, warna baju ini adalah warna kemenangan kami pada pilkada kemarin,” tutur Bupati Sofyan Kaepa.

“Saya membutuhkan kerukunan paguyuban untuk menjadi penopang pembangunan Banggai Laut. Apalagi saat ini untuk ke Gorontalo tidak lagi membutuhkan waktu yang lama. Karena ada transportasi yang langsung dari Banggai Laut ke Gorontalo,” ucapnya. Di akhir sambutannya, orang nomor satu di Banggai Laut ini meminta dua hal kepada KKIG Banggai Laut. “Sebelum saya akhiri sambutan ini saya minta dua hal. Pertama tolong doakan kami semoga sehat walafiat dan kedua tidak korupsi di daerah sendiri, tetap istiqamah dalam membangun Banggai Laut,” tutup Bupati Sofyan Kaepa. (IK)