K3S Sigi Biromaru Tur Belajar di Banggai Laut, Ini Alasannya

BELAJAR DARI BALUT: Tim K3S Sigi Biromaru tur belajar di Banggai Laut, Kamis (2/6)

BANGGAI POST, BALUT – Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Sigi Biromaru Kabupaten Sigi melakukan studi tour alias tur belajar di Kabupaten Banggai Laut, Kamis (2/6). Rombongan study tour di dampingi oleh Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sigi, I Gede Made Supartayasa.

Kepada media ini, I Gede Made Supartayasa mengatakan, kedatangan rombongan study tour di Kabupaten Banggai Laut karena Banggai Laut dan Kabupaten Sigi sama-sama merupakan daerah khusus, memiliki karakteristik yang sama. Kabupaten Sigi dengan daerah khusus pegunungan dan Kabupaten Banggai Laut daerah khususnya laut, serupa tapi tidak sama.
“Kehadiran kami di Banggai Laut bukan hanya Banggai Laut saja, tetapi juga Kabupaten Banggai dan Banggai Kepulauan, untuk sharing bagaimana pengelolaan pendidikan yang ada di Banggai Raya. Yang bisa kami terapkan di Kabupaten Sigi nantinya,” ungkapnya, Kamis (2/6).

Baca Juga :  Meriahkan HUT RI Ke 77, ESSA PT. Panca Amara Utama Gelar Beragam Jenis Lomba

Khusus di Kabupaten Banggai Laut, berdasarkan data hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) berada di atas Kabupaten Sigi. Ini juga merupakan salah satu alasan kunjungan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Sigi Biromaru melaksanakan study Tour di Banggai Laut.
“ANBK Banggai Laut berada di peringkat dua. Bagaimana bisa seperti itu, bagaimana cara pengelolaannya, mengapa bisa signifikan seperti itu. Kalau masalah sekolah dan guru penggerak Kabupaten Banggai Laut dan Sigi sama. Karna baru memulai beberapa tahun terakhir ini,” ungkap I Gede Made Supartayasa.
Terkait kunjungan dibeberapa sekolah, dirinya mengungkapkan, bahwa secara fisik bangunan hampir sama yang di Kabupaten Sigi. Hanya yang menjadi perhatian khusus, bagaimana mempersiapkan anak-anak didik dalam mengikuti ANBK. Karna dalam ANBK ada tiga yakni literasi, numerasi, dan survei lingkungan Belajar yang diisi oleh guru-guru dan survey karakter yang diisi oleh siswa.
“Ada beberapa sekolah yang sempat kami tanyakan dan memang persiapannya cukup matang. Siswa-siswa mendapatkan bimbingan khusus terutama dalam hal teknologi ditambah lagi bimbingan pengetahuan,” ucapnya.

Baca Juga :  Polisi Amankan 34 Paket Sabu Dari Dua Tersangka di Luwuk Selatan

Sedangkan itu ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Sigi Biromaru Kabupaten Sigi, Afif Tofandi mengatakan, kunjungan di Banggai Laut merupakan program kerja dari K3S kecamatan Sigi Biromaru untuk melakukan wisata pendidikan. Apa yang kami dapatkan disini akan dipadukan dengan apa yang kami memiliki. Sehingga nantinya ada warna baru dalam proses pembelajaran.
“Ada kesamaan keinginan, bagaimana meningkatkan mutu tenaga pendidik. Dan kami berharap suatu saat nanti K3S Kabupaten Banggai Laut bisa berkunjung di Kabupaten Sigi,” katanya.
“Meski kehadiran kami dari level kecamatan saja, tetapi sambutan luar biasa, bukan hanya K3S saja tetapi juga dinas pendidikan langsung yang turun memfasilitasi kami,” ucap Afif Tofandi.

Di samping itu, Pengawas pembina Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi Hj. Hijrah, menjelaskan, wajib guru-guru mengikuti sekolah penggerak dan guru penggerak. Karena ke depannya, untuk kepala sekolah harus dari guru penggerak, tidak lagi harus cakep atau cawas. Karena akan dipantau langsung dari pusat.
“Guru-guru penggerak merupakan guru-guru yang hebat. Sehingga kehadiran kami juga di sini untuk menimba ilmu dan sharing dengan Pengawas-pengawas,” tuturnya.

Baca Juga :  Kapolsek Batui Pantau Penyaluran BLT dan Vaksinasi di Batsel

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banggai Laut, Wasto S. Tatadeng, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Sigi Biromaru di Kabupaten Banggai Laut. Dan merupakan suatu kebanggaan tentunya bagi pendidikan di Kabupaten Banggai Laut.
“Ini luar biasa, meski yang datang hanya dari kecamatan Sigi Biromaru tetapi merupakan sebuah kebanggaan dari kami. Karena ternyata ada yang suatu yang menarik sehingga kecamatan yang dekat dengan ibu kota provinsi berkunjung dan sharing pembelajaran di Banggai Laut,” tuturnya. (IK)