Desa Kaukes Pembuka Lomdes Tingkat Kabupaten Banggai Laut

BANGGAI POST, BALUT– Lomba Desa (Lomdes) tingkat kabupaten Banggai Laut mulai digelar. Desa Kaukes Kecamatan Bokan Kepulauan menjadi desa pertama yang dinilai oleh tim Lomdes Kabupaten, Rabu (25/05).
Desa Kaukes yang merupakan perwakilan dari kecamatan Bokan Kepulauan mengusung tema “Melalui lomba desa kita wujudkan Kaukes hebat berbasis SDCs yang berkearifan lokal dan berbudaya”.
Kegiatan lomdes di desa Kaukes dibuka secara resmi Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asisten I) Aswin Musa, mewakili Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa. Dalam sambutannya Bupati Sofyan Kaepa menyampaikan, bahwa evaluasi perkembangan dan lomba desa serta kelurahan adalah untuk mengevaluasi sekaligus mendorong serta memberi motivasi kepada pemdes, sehingga lomdes akan menjadi penyemangat warga untuk terus bergerak secara gotong-royong, hingga ada sebuah kompetisi yang positif menuju kemajuan desa.


“Bersaing dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan desa atau kelurahan dengan tujuan sebagai wadah apresiasi. Pemerintahan pusat dan pemerintah daerah memberikan penghargaan kepada pemdes dan kelurahan atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan dan memandirikan serta mensejahterakan masyarakat desa atau kelurahan untuk lebih diberdayakan demi terciptanya kemandirian masyarakat dalam membangun desa,” kata Bupati Sofyan Kaepa.

Baca Juga :  Ketua Perwis Hadiri Maulid Nabi di Desa Labotan

Orang nomor satu di Banggai Laut itu mengatakan, bahwa pemerintah mulai dari pusat, provinsi dan kabupaten, telah menunjukkan perhatian terhadap pembangunan desa. Mengingat desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.
“Terkait dengan itu, bahwa seluruh berlangsung capaian kegiatan pembangunan desa, korelasinya yang terhadap upaya pembangunan, diarahkan pada upaya terpadu dengan mengembangkan pemberdayaan,” terangnya.

Dalam laporan Kepala Desa Kaukes Lamadio Lahamente mengungkapkan visi misi Desa Kaukes yakni Menjadikan Desa Kaukes menjadi Desa “Mutiara”
(Maju, Unggul, Terampil, Iman da Taqwa, Aman dan Rajin).
“Desa Kaukes akan bekerja keras memberikan yang terbaik untuk kecamatan Bokan Kepulauan dan siap mewakili Kabupaten Banggai Laut dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah,” kata Kades Kaukes,

Baca Juga :  Mabangun Tunggul, Pesan Leluhur untuk Jaga Persaudaraan

Sedangkan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD-P3A) Nurdin Musa, dalam kesempatan itu mengatakan, lomba desa dan kelurahan dan penting artinya dalam rangka untuk menilai keberhasilan pembangunan desa dan kelurahan, yang dilakukan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.
“Hal ini sejalan dengan Permendagri nomor 81 tahun 2015 yang menyebutkan bahwa untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa dan kelurahan kemajuan, kemandirian, berkelanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing desa dan kelurahan melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa,” jelasnya
Ada dua hal penting dalam evaluasi perkembangan desa dan kelurahan menurut mantan Sekretaris Inspektorat Banggai Laut itu. Pertama menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa dan kelurahan serta untuk mengetahui efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. Kedua mengetahui tingkat kesejahteraan, daya saing desa dan kelurahan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Sebagai Kepala Dinas PMD-P3A, Nurdin berharap lomdes yang dilaksanakan di desa Kaukes dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat kecamatan Bokan kepulauan pada umumnya dan masyarakat desa Kaukes pada khususnya. (IK)