Hari Raya Ketupat di Nuhon, Wabup: Pererat Silaturahmi Pupuk Persatuan

Foto: Bagian Prokopim Setda Banggai

BANGGAIPOST.COM,Nuhon- Wakil Bupati Banggai Drs. Furqanuddin Masulili menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara Hari Raya Ketupat, pasca pelaksanaan Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1443 H/2022 M, di Kecamatan Nuhon, Senin (9/5).

Kegiatan ini merupakan tradisi Masyarakat Jawa yang di dukung masyarakat Babasalan dan suku lainnya yang ada di Kecamatan Nuhon, yang dilaksanakan di hari kedelapan selesai pelaksanaan Hari Raya Idhul Fitri.

Kegiatan yang di pusatkan di Pantai Wisata Hek Permai Desa Tomeang, Kecamatan Nuhon, turut hadir Ketua Komisi 1 DPRD Irwanto Kulap, Camat Nuhon, Kapolsek, Danramil, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Tomeang, Para Anggota Forum Kepala Desa, Ketua Dan Anggota BPD, Kabag Prokopim, Kabag Bipram serta Para Pengunjung pantai wisata hek permai desa tomeang Kec. Nuhon.

Baca Juga :  Balai POM Gelar Konsultasi Publik: Diharap Dampingi UMKM Daerah

Wakil Bupati Banggai dalam sambutannya menyampaikan salam maaf dan salam hormat Bupati Banggai tidak bersama-sama hadir di tempat ini, berhubung melaksanakan tugas Pemerintahan dan Kemasyarakatan di luar daerah yang juga tidak kalah pentingnya dengan kegiatan ini.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Banggai kami mengucapkan Selamat Merayakan Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1443 H/2022 M, Minal ‘Aidzin Wal Fa idzin, Mohon Maaf Lahir Dan Bathin, Alhamdulillah Pada kesempatan ini saya bisa hadir di tempat ini, di tengah-tengah masyarakat Kecamatan Nuhon,”tuturnya.

Menurut Wabup, peringatan hari raya ketupat merupakan kegiatan positif dan terus dilestarikan setiap tahunnya. Sebab,
didalamnya terkandung nilai keagamaan yaitu kewajiban silatruahmi antar sesama Muslim maupun Non Muslim.

Baca Juga :  UPDATE Covid-19: Hari Ini 18 Mei Banggai Bertambah 5 Kasus Baru

“Karena silaturahmi merupakan tempat kita memupuk persatuan dan kesatuan, berjabatangan untuk saling maaf memaafkan atas kesalahan, kekhilafan serta tutur kata yang menyinggung dan menyakiti saudara kita, inilah tujuan kita dalam meryakan hari raya idhul fitri dan hari raya ketupat ini,”terangnya

“Hapus rasa dendam di dalam dada kita, untuk bisa ikhlas memaafkan kesalahan dan kekhilafan saudara kita,” tambah Wabup mengakhiri sambutan.

Usai sambutan kepala daerah, acara dilanjutkan dengan Hiburan. (BP)