PT.CMG Hadir di Luwuk Timur, Segera Rekrut Tenaga Kerja

Pimpinan PT. CMG usai menggelar pertemuan bersama Pemerintah Desa Louk, Kecamatan Luwuk Timur.[Foto: Istimewa]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk Timur- Tidak lama lagi,perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan arang Breket di desa Louk, Kecamatan Luwuk Timur segera merekrut puluhan bahkan ratusan tenaga kerja, di wilayah kabupaten Banggai.

Pernyataan itu disampaikan oleh Direktur perusahan  PT. Candara Makmur Gemilang (CMG), Ko Candra  pada rapat musyawarah bersama pemerintah desa setempat, Selasa (14/3/2022).

Menurut Candra, perusahaan yang tengah dibangunnya itu, diperkirakan bakal melakukan kegiatan pada akhir tahun 2022.
Dengan kebutuhan tenaga kerja  sebanyak 70 persen masyarakat kabupaten Banggai dan 30 persen tenaga ahli dari luar kabupaten.

Sementara untuk sistem pengupahannya, pihaknya akan mengacu pada ketentuan Upah Minimum Regional (UMR), serta memberikan jaminan kesehatan kepada setiap tenaga kerja, dengan mengantongi kartu Badan Penyelenggara jaminan sosial (BPJS) ketenagakerjaan.

Yang tak kalah pentingnya tandas Ko Candra, perusahaan yang dipimpinnya akan lebih memperhatikan persoalan limbah perusahaan agar tidak mengganggu khalayak ramai.

Sementara itu, Kades Louk, Marwati.Hi.Harun.S.sos menekankan, dalam perekrutan tenaga kerja, pihak perusahaan harus melibatkan pemerintah desa. Artinya, semua data perekrutan  pekerja melalui rekomendasi dari pemerintah desa setempat.

Selain itu, kata Marwati, pihak perusahaan harus memenuhi ketentuan Peraturan Daerah yang mengatur tentang Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan bagi daerah dan desa itu sendiri. “CSR ini yang paling penting agar dijalankan sesuai regulasi yang berlaku,” tandasnya.

Terkait dengan hal itu, Bhabinkamtibmas Louk-Kayutanyo, Arif menyarankan, setiap perusahaan yang bergerak diwilayah kerjanya wajib untuk menjaga situasi keamaan dan kenyamanan, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan yang berakibat pada kerugian pada perusahaan itu sendiri. “Tidak akan tenang bekerja kalau setiap saat selalu ribut dengan berbagai macam masalah. Jadi wajib perusahaan menjaga keamanannya,” Tutup Arif. (Juf)