Samakan Presepsi dan Gelorakan Jumpa Kasih,Dandim 1308 Undang GAM dan Wartawan Luwuk

Foto: Istimewa

BANGGAIPOST.COM, Luwuk – Dalam rangka menyamakan persepsi, Dandim 1308/LB Letkol Inf Dony Gredinand, SH. M. Tr. Han.M.I. Pol, undang Jurnalis Luwuk dan Gabungan Aktifis Mantailobo (GAM) Luwuk Banggai, di Saung kediaman Dandim 1308/ LB, Kamis malam (24/2/2022).

Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan Surah Yassin dan Dzikir bersama Tokoh Agama dan anak Panti Asuhan.

Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan, satu persatu para Jurnalis dipersilahkan oleh Dandim untuk memperkenalkan Nama sekaligus Medianya.

Pada kesempatan itu, ketua GAM Idhin Massa mengungkapkan bahwa program jumpa kasih sempat mengalami kevakuman, di akibatkan pandemi covid 19

Seiring berjalannya waktu, kondisi lingkungan di Kabupaten Banggai sangat memprihatinkan. dimana sampah berserakan terlihat disetiap sudut kota.

Baca Juga :  Gubernur Sulteng Minta Satgas Pastikan Masyarakat Patuhi Prokes

“inisiasi bertujuan untuk membangun kembali kesadaran masyarakat Kabupaten Banggai untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Mendukung pernyataan Ketua GAM, Iskandar Djiada sebagai ketua PWI Banggai mengatakan, Sampah adalah persoalan pelik yang menjadi sorotan media belakangan ini.

Belakangan ini persoalan sampah selalu menjadi sorotan media, di Kabupaten Banggai, tetapi belum ada solusi yang tepat hingga saat ini, untuk menghadapi persoalan tersebut, “katanya”

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa persoalan kebersihan lingkungan jangan disangkut pautkan dengan persoalan politik.

“Gerakan moral PINASA yang diusung oleh Bupati sebelumnya adalah adopsi dari program Jumpa Kasih yang diprakarsai oleh GAM. sangat di sayangkan jika program kebersihan di sangkut pautkan dengan politik. apapun programnya, sudah sepantasnya masalah kebersihan menjadi tanggung jawab bersama.

Baca Juga :  Pemuda dalam Perspektif Kearifan Lokal

Menanggapi hal itu, Dandim 1308/LB mengajak Wartawan dan GAM untuk bersama menjaga dan memelihara keamanan serta kondusifitas di Kabupaten Banggai.

Terkait masalah lingkungan, Dandim menegaskan akan selalu memberikan dukungan penuh pada para penggiat lingkungan dalam menjaga kebersihan lingkungan di Kabupaten Banggai.

Sebagai langkah awal, besok akan digelar kegiatan Jumat Pagi Kota Bersih (JUMPA KASIH) dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), yang akan digelar pada Jumat 25 februari 2022, pukul 15:00 wita dengan rute Pantai Wisata Kilo 5 hingga ke RTH Teluk Lalong, sesuai kesepakatan bersama Dandim 1308/LB, GAM dan Wartawan Luwuk saat ini, “tutup Dandim.” (al)