Beri Arahan di Musrenbang, Bupati Sebut Akan Percepat Pemekaran Sultim

Ir.H.Amirudin Tamoreka

BANGGAIPOST.COM,Toili– Bupati Banggai, Ir. H Amirudin Tamoreka menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah akan memperluas dan mengeskalasi pembangunan di dataran Toili dalam rangka mempercepat pemekaran Provinsi Sulawesi Timur (Sultim).

Penegasan itu disampaikan saat memberi sambutan dan arahan pada kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan RKPD 2023 dan Rembuk Stunting Kecamatan Moilong, Toili, dan Toili Barat yang dipusatkan di Kecamatan Moilong, pada Selasa (22/2/22).

“Dataran Toili akan menjadi perhatian khusus bagi kita dalam pelaksanaan pembangunan, ada beberapa jembatan yang akan kita segerakan pengerjaannya, perluasan pembangunan itu dilakukan dalam rangka mempercepat terjadinya pemekaran di daerah ini,” tutur Bupati Banggai.

Dalam pertemuan dengan Gubernur Sulawesi Tengah, Ir. H. Amirudin melanjutkan, terjadi kesepahaman untuk segera mendorong terbentuknya Provinsi Sultim, dengan cara memekarkan dahulu beberapa kabupaten, yaitu Kabupaten Batui Toili, Kabupaten Bunta Bersaudara, dan Kabupaten Tompotika Raya.

“Oleh karena itu, usulan-usulan prioritas dari setiap kecamatan akan kami sikapi sebaik mungkin, sehingga terjadi percepatan pembangunan yang merata di seluruh wilayah Kabupaten Banggai,” sambungnya.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian masing-masing camat menyampaikan program prioritas yang diperoleh berdasarkan hasil Pra Musrenbang sebelumnya, lalu arahan teknis dari Ketua Bappeda Litbang Kabupaten Banggai, Ramli Tongko, setelah itu, Ketua DPRD Banggai, Suprapto menyampaikan pokok-pokok pikiran mewakili lembaga legislatif, dan terakhir, sambutan dan arahan Bupati Banggai yang dirangkaikan dengan diskusi.

Turut hadir pada Musrenbang RKPD dan Rembuk Stunting tersebut, Wakil Bupati Banggai, H. Furqanudin Masulili, pimpinan dan anggota DPRD Banggai, Ketua TP-PKK Kabupaten Banggai, Syamsuarni Amirudin, Kepala Kejaksaan Negeri Banggai, para staf ahli dan staf khusus Bupati, para Asisten Setda Banggai, Kepala-Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup pemerintah Kabupaten Banggai, Unsur Forkompimcam, kepala-kepala desa, anggota-anggota BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan dari kecamatan Moilong, Toili dan Toili Barat. (BP)