Sosialisasi Program Strategis, BPN Banggai Laut Gelar Jumpa Pers

BANGGAI POST, BALUT- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Banggai laut gelar Sosialisasi program strategis dengan mengundang sejumlah insan pers yang berada di Banggai Laut, Kamis (18/11) di aula Hotel Banggai.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala BPN Banggai Laut, Siswoyo mengajak, kepada seluruh masyarakat Banggai Laut untuk segera memiliki sertifikat tanah. Dengan datang langsung ke Kantor BPN. Karna dengan datang langsung maka akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
“Apabila ingin memiliki sertifikat tanah silahkan datang ke kantor BPN, lebih baik anda mengurus sendiri daripada melalui perantara atau calo,” tandasnya.

Dirinya juga menjelaskan sertifkat tanah begitu penting karena dengan memiliki sertifikat atas tanah yaitu memberikan kepastian hukum, kepastian luas dan kepemilikan tanah.
“Untuk saat ini sertifkat tanah yang ditindaklanjuti sekitar 3084 sertifikat, insya allah selesai akhir bulan ini,” ungkapnya.

Program strategis yang dilaksanakan pihaknya, diantaranya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sampai saat ini sudah mencapai 6.000 bidang dan ini sudah diterbitkan dan diselesaikan dan yang akan ditindak lanjuti untuk pembuatan sertifikat kurang lebih 3084 dan ini akan kami selesaikan sampai akhir bulan ini.
“Kalau sudah rampung dan akan diserakan lansung oleh Bupati,” katanya.

Selain itu pihak pertanahan telah banyak menerbitkan sertifikat di Kecamatan Labobo, untuk Kecamatan Bokan Kepulauan sudah rampung dan masih banyak lagi desa-desa yang sudah rampung. Untuk PTSL tahun depan Pertanahan Kabupaten Banggai Laut mendapat jata 850 bidang.
“Kami berharap tahun depan bisa di kasih 2000 bidang tapi yang di berikan hanya 850 bidang saja,” ucapnya.
“Target kami di tahun 2025 sudah selesai semua sudah terdaftar,” tambahnya.

Saat ini Kantor pertanahan Balut sudah mensertifikatkan lahan non Pertanian sudah mencapai 36 persen dan lahan pertanian sudah mencapai 60 persen. Untuk itu Siswoyo berharap kepada seluruh masyarakat Banggai Laut untuk segera membaut sertifikat tanah.

Dalam kesempatan itu pula, kepala Kantor BPN Banggai Laut meminta kepada insan pers untuk bisa bersama-sama mensosialisasikan program-program strategis BPN. Dan kedepannya setiap kegiatan BPN media akan dilibatkan.
“Terimakasih sudah bersedia menghadiri undangan kami. Kedepan akan banyak kegiatan BPN Banggai Laut dan teman-teman pers akan kami libatkan,” tutup Siswoyo. (IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *