Ragam Budaya Nusantara Warnai Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 di Banggai

Parade Baju Adat Nusantara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 92 dipusatkan di Alun-Alun Bumi Mutiara Luwuk,Kamis (28/10).[Foto:Kominfo Banggai]

 

BANGGAIPOST, Luwuk – Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai memperingati hari Sumpah Pemuda ke 93 dengan menggelar upacara yang dipusatkan di halaman alun-alun Bumi Mutiara Luwuk, Kamis (28/10).

Peringatan sumpah pemuda kali ini menampilkan ragam budaya Indonesia melalui pakaian adat Nusantara yang dikenakan para pemuda. Paradepun digelar mengawali upacara sebagai simbol kemajemukan bangsa, cinta tanah air dan menjunjung persatuan dan kesatuan.

Upacara berlangsung hikmad. Bertindak selaku pembina upacara adalah Bupati Banggai Ir. H.Amirudin Tamoreka.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI dengan tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh.

Baca Juga :  Pemda Banggai Laut Terima Hibah BMN Dari Kementerian Keuangan RI

Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.
Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Hadir pada acara ini, Wakil Bupati Banggai, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah dan Kepala OPD serta seluruh staf OPD, Pengurus Karang Taruna, Pengurus KNPI, AMPG, FKPPI, Basarnas dan Pelajar. (Ns/Dk)

Baca Juga :  Peduli Sektor Pendidikan, Direktur PT BCGI Sumbang Dana dan Beras Tunjang Kegiatan Pramuka di Sejumlah Sekolah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.