Pemda Fasilitasi Pelaku UMKM, Targetkan Ekonomi Banggai Laut Pulih

SOSIALISASI KUR : Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa saat membuka secara resmi Sosialisasi KUR di Pondopo Rumah Jabatan Bupati, Rabu (29/9). (FOTO MOHAMAD IKBAL/BANGGAI LAUT)


BANGGAI POST, BALUT– Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No.3 Tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No.06 Tahun 2020 tentang perlakuan khusus bagi penerima Kredit Usaha Rakyat terdampak pandemi Covid-19 atau menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional, maka salah satu kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dukungan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pelaku UMKM.

Dan menindaklanjuti surat gubernur Provinsi Sulawesi Tengah tentang dukungan pendampingan masyarakat Untuk UKM untuk memanfaatkan pinjaman. Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut melalui dinas Koperasi Industri dan Perdagangan menggelar sosialisasi dukungan fasilitas KUR di pendopo rumah jabatan Bupati, Rabu (29/9).

Kepala Dinas Koperindag Banggai Laut, Hasbullah Talaba mengatakan, dalam surat gubernur Sulteng, Bupati dan Wali Kota melalui OPD teknis terus melaksanakan pembinaan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan skema kemudahan kredit yang diberikan BRI dan Bank Pemerintah lainnya, dengan Bungan Rendah dan Plafon Kredit dibawah 100 juta tampa agunan Bank untuk membuka usaha baru dan peningkatkan produktifitas usaha masyarakat.

Baca Juga :  Kertas Suara dan Logistik Pilkades Serentak Banggai Laut Mulai Disalurkan¬†

Selain itu juga, dalam surat tersebut Bupati dan Wali Kota melalui OPD teknis terus memberikan pendampingan masyarakat dalam hal melengkapi persyarakat yang dibutuhkan Bank untuk pemberian kredit dengan Bunga yang rendah dan besar pinjaman dibawah 100 juta tampa Agunan Bank.
“Bapak Bupati sangat peduli dan mendukung program ini, karna bersesuaian dengan visi dan misi. Pemberdayaan masyarakat, dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat, misi ekonomi kerakyatan,” terang Kadis

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka secara resmi Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa. Dalam kesempatan itu orang nomor satu di Banggai Laut mengatakan, bahwa sosialisasi ini sebagai bentuk kepedulian pemda terhadap pelaku UMKM yang ada di Banggai Laut. Apalagi di masa pandemi covid-19 saat ini, banyak pelaku usaha yang terkena dampaknya.
“Karena selama ini belum mendapatkan bantuan fasilitas KUR makanya pemerintah hadir hari ini,” kata Bupati.
“Diharapkan KUR ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan dapat dirasakan kiprahnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta pengembangan perekonomian masyarakat khususnya di Kabupaten Banggai Laut,” tambahnya.

Baca Juga :  Bikin Resah, Kawanan Sapi Masuk Pemukiman

Bupati juga mengungkapkan, bahwa ditengah krisis keuangan daerah, pemerintah terus berupaya bekerja dan bekerja. Hadir ditengah masyarakat menjawab setiap persoalan yang ada. Meski memang harus disadari, tidak ada satupun pemerintahan yang tidak dikritisi. “Masih banyak hal yang perlu kita kerjakan demi kemajuan daerah yang kita cintai ini. Berikan kesempatan untuk bekerja dan doa, agar semua masalah yang ada di daerah ini terselesaikan. Sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat bisa terwujud nanti,” ucap Bupati Sofyan.

Untuk yang mendapatkan KUR ini, syaratnya gampang kata Bupati. Cukup berKTP dan KK Banggai Laut dan mempunyai usaha maka pihak bank akan memberikan kredit. “Kreditnya sampai 100 juta tampa agunan Bank. Tapi harus tetap diingat, jangan lupa untuk dikembalikan,” tuturnya. (IK)

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Bersama Pemerintah Kecamatan Balantak Salurkan Bantuan Untuk ODGJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *