Bupati Sofyan Kaepa Salurkan Bantuan Beras di Tiga Desa Kecamatan Banggai

SIMBOLIS : Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa saat menyerahkan bantuan beras cadangan pangan kepada salah satu warga penerima bantuan. (FOTO MOHAMAD IKBAL/BANGGAI POST)


BANGGAI POST, BALUT– Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut melalui dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kembali menyalurkan beras bantuan cadangan pangan provinsi Sulteng dan bantuan pembangunan lumbung pangan masyarakat dana DAK Kabupaten Banggai Laut tahun 2021. Penyerahan kedua bantuan berlangsung di gedung BPU desa Lampa Kecamatan Banggai dan secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa.

Bantuan beras yang disalurkan untuk kecamatan Banggai terdiri dari Kelurahan Lompio 74 KK yang terdiri dari 289 jiwa dengan bantuan beras 867 kg, Desa Lampa 117 KK yang terdiri 255 jiwa dengan batuan beras 763 kg dan Desa Tinaklin Laut 119 KK yang terdiri dari 475 jiwa dengan bantuan beras 1.425 kg. Secara keseluruhan khusus Kecamatan Banggai sebanyak 3.057 kg atau 3 ton 57 kg.
“Bantuan beras ini bukan per KK tapi perjiwa. Dimana perjiwa mendapatkan bantuan beras tiga kilo,” terang Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa.
“Jangan liat bingkisannya yang kecil tetapi liat maknanya. Bahwa pemerintah daerah hadir ditengah-tengah masyarakat, ingin bersama-sama dengan rakyat,” ucapnya.

Bupati Sofyan mengungkapkan, bahwa bantuan beras untuk Banggai Laut 300 ton namun secara bertahap di distribusikan ke Banggai Laut.
“Permintaan saya 300 ton, ini akan di distribusikan secara bertahap. Tahap pertama ini 20 ton 997 kg. Ini akan dibagi ke tujuh kecamatan,” ungkapnya.

Bantuan tersebut bisa saja bertambah tergantung dengan data valid yang benar-benar bisa menerima bantuan. Karna sampai saat ini, data yang dimiliki pemerintah daerah masih banyak kekurangan.
“Daerah kita ini termasuk daerah rawan bencana, sehingganya pemerintah harus menyediakan stok pangan ketika ada terjadi bencana ketersedian pangan tersedia. Dan untuk itu juga dibutuhkan data yang benar-benar valid,” tutur Bupati Sofyan.

Untuk bantuan pembangunan gedung lumbung pangan masyarakat yang mendapatkan bantuan yakni Kecamatan Banggai, Desa Lambako Gapoktan Paisulumaling, Kecamatan Banggai Selatan, Desa Bentean Gapoktan Menara, Kecamatan Banggai Tengah Desa Adean Gapoktan Primetani, Kecamatan Banggai Utara, Desa Tolisatubono Gapoktan Mutiara Tani, Kecamatan Bokan Kepulauan Desa Bungin Gapoktan Bungin Bertani, kecamatan Labobo Desa Mansalean Gapoktan Sompung Permai dan Kecamatan Bangkurung Desa Mbeleang Gapoktan Mbesulu. (IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *