Pemda Banggai Laut Gelar Dua Hari Vaksinasi

VAKSINASI: Hari kedua vaksinasi terbuka untuk masyarakat umum, dua hari pelaksanaan hampir 500 orang telah divaksin. (FOTO MOHAMAD IKBAL/BANGGAI POST)


BANGGAI POST, BALUT– Meski tren kasus covid-19 beberapa pekan terakhir di Kabupaten Banggai Laut relatif nihil, namun Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut terus mengoptimalkan pencegahan penyebaran covid-19. Salah satunya lewat gerakan vaksinasi secara besar-besaran yang terbuka untuk masyarakat umum. Ini dilakukan untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan komunal di Kabupaten Banggai Laut.

Penangung jawab pelaksanaan vaksinasi Kabupaten Banggai Laut Wayan mengatakan, vaksinasi untuk masyarakat umum yang dilaksanakan saat ini telah disiapkan 1.435 vial untuk dua orang. “Jadinya sekitar 2.870 orang yang bisa vaksin. Ada juga 59 vial untuk 10 orang punya persatu vial,” kata Wayan saat ditemui awak media di halaman kantor Bupati, Kamis (9/9).

Dia menjelaskan, untuk yang berada di pulau-pulau juga melaksanakan vaksinasi di masing-masing Puskesmas. “Puskesmas Dangkalan, Banggai sama Adean dipusatkan dikantor Bupati selama dua hari ini,” tuturnya.

Hari pertama pelaksanaan vaksinasi, ujar Wayan sudah 160 orang yang telah selesai divaksin. “Targetnya 300 orang untuk hari kedua,” ungkapnya.

Saat ditanya terkait ketersediaan vaksin, Wayan menjelaskan saat ini masih ada namun, setiap minggu terus dikirim dari pusat. “Kalo stok vaksin dari pusat,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa mengajak masyarakat agar jangan takut dan khawatir untuk divaksinasi, mengingat vaksinasi itu penting agar memiliki imun tubuh yang kuat.

Vaksinasi ini merupakan salah satu cara terefektif untuk meningkatkan imun dalam melawan virus. Vaksinasi covid-19 yang saat ini sedang dijalankan pelaksanaannya bertujuan untuk membangkitkan sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat di masa pendemi.

“Saya senang melihat antusiasme masyarakat ikuti vaksinasi ini, oleh karenannya terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan pelaksanaan vaksinasi massal ini,” pungkasnya.

Bupati Sofyan Kaepa juga tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi prokes covid-19. Karna covid-19 belum berakhir dan tetap waspada.(IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *