Bupati Banggai Serahkan Bantuan BPUM Kepada Sejumlah Pelaku Usaha Mikro

BANGGAIPOST, Luwuk- Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka dalam agendanya menyerahkan BLT Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada sejumlah pelaku usaha mikro Kabupaten Banggai. Penyerahan bantuan secara khusus diselengarakan di Kantor Cabang BRI Luwuk, Rabu (01/09/2021) pagi.

Turut Hadir dalam kegiatan, Kepala Kantor Cabang BRI Luwuk Bersama jajaran dan staf, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bersama jajaran, Nasabah serta penerima bantuan BPUM.

Bupati Banggai dalam sambutannya mengatakan, ditengah pandemi covid 19 berdampak semakin sulitnya untuk mengembangkan usaha mikro dan mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia khususnya di Kabupaten Banggai.

“Pandemi Covid 19 sangat berpengaruh terhadap kondisi pelaku usaha, tapi ada kabar baik untuk kita semua, dalam satu minggu terakhir ini, semakin hari semakin turun drastis untuk jumlah orang yang terpapar virus covid 19” tutur Bupati Banggai.

Baca Juga :  Polres Banggai Amankan Wanita Muda Pengedar Narkotika Jaringan Palu

Bupati Banggai berharap, tepat pada tanggal 6 september, Kabupaten Banggai berada pada di level II ataupun bisa lebih ditingkatkan menjadi level 1.
“Harapan kami Kabupaten Banggai aman dari penyebaran covid 19, sehingganya masyarakat ada keluasan untuk melakukan kegiatan-kegiatan usaha masyrakat khususnya usaha mikro. Kami melihat dengan adanya pandemi covid19 kita semua jadi serba susah, kita tidak bisa berkumpul, tidak bisa bekerja.”ucapnya

Menurut Bupati, tidak sedikit anggaran yang dikucurkan Pemerintah, baik Pemerintah Nasional, Pemerintah Provinsi ataupun Pemerintah Kabupaten untuk menuntaskan persoalan covid 19. Termasuk saat ini dimana Pemerintah Daerah menyalurkan bantuan kepada sejumlah pelaku usaha mikro.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Banggai Ernaini Mustatim. SH, dalam sambutannya menginformasikan, beberapa usulan bantuan yang masuk pada Dinas hampir mencapai ribuan orang.

Baca Juga :  Penangkapan Pria Diduga Pelaku Pencabulan Anak 7 Tahun di Banggai, Ini Penjelasan Polisi

Pada tahun 2020 sebanyak 1.875 dan tahun 2021 sebanyak 5.046 total didua tahun terakhir ini mencapai 6.921. Untuk realisasi tahun 2020 sebanyak 1.614 orang dan tahun 2021 sebanyak 4.273 totalnya yang keluar sebanyak 5.887 dan yang belum keluar 1.034, realisasi berikutnya dibulan Desember tahun ini sekitar 700 orang diserahkan bantuan secara simbolis.

Adapun anggaran yang tersalurkan menurut Kepala Cabang BRI Luwuk Yudha Kencana kepada nasabah ditahun 2020, sebanyak 21.4 Miliar dengan nominal per orang 2,4 juta dan tahun 2021 sebanyak 19 Miliar dengan nominal perorang Rp. 1,2 juta.

Diakhir acara, Bupati Banggai didampingi Kadis Koperasi UKM serta Kepala Cabang BRI Luwuk menyerahkan bantuan BPUM secara simbolis kepada sejumlah pelaku usaha Kabupaten Banggai. (NS/MKM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *