Bupati Banggai Serahkan Puluhan Unit Alsintan Gratis Untuk Kelompok Tani

BANGGAIPOST,Luwuk-Bupati Banggai Ir H.Amirudin Tamoreka menyerahkan bantuan puluhan unit Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) di halaman kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (TPHP), Rabu (28/7).

Bantuan yang diserahkan secara simbolis tersebut bersumber dari alokasi dana APBD dan APBN tahun 2021. Sebanyak 3 unit traktor Roda 4, 34 unit tractor roda 2, 18 unit Power Theresher, dan 5 unit Alkon/pompa air.

Bupati Banggai dalam sambutannya menegaskan, bantuan Alsintan merupakan program yang digelontorkan Pemerintah secara rutin untuk membantu petani di daerah ini.

Iapun berharap, kelompok tani penerima bantuan, untuk memanfaatkan alat dan mesin yang diberikan tersebut dengan sebaik-baiknya,”Bantuan ini gratis, jangan ada pihak-pihak yang memintakan fee terkait bantuan ini. Lapor ke kami kalau ada yang meminta uang terkait bantuan Alsintan Pemerintah,”tegasnya.

Bupati juga berharap kepada Kelompok Petani penerima, agar secara profesional mengelolah penggunaan alat dan mesin pertanian. Sebab, sejumlah kasus terjadi, bantuan yang diberikan hanya dikuasai oleh ketua kelompok saja. Sementara anggota lain tak diberikan kesempatan menggunakan bantuan tersebut.

“Banyak kejadian dibeberapa tempat, bantuan hanya dinikmati ketua kelompok saja, sementara anggota lain tidak diberi kesempatan menggunakan alat tersebut,”tuturnya.

Untuk itu kata Bupati, perlu adanya evaluasi tentang penggunaan dan nilai manfaat atas bantuan yang diserahkan kepada kelompok tani,”Ini nantinya akan dimonitoring dan di evaluasi. Sejauh mana nilai manfaat dari bantuan tersebut. Jika kurang memiliki manfaat maka ditahun berikut akan kami ganti dengan program lain,”pungkasnya.

Menindaklanjuti arahan Bupati, Kepada Banggai Post, Kepala Dinas TPHP H. Jamhar Basir menegaskan, pihaknya secara intens akan memonitoring dan mengevaluasi bantuan Alsintan kepada Kelompok Tani penerima,” Tentunya kami akan memonitoring dan mengevaluasi penggunaan Alsintan bagi kelompok Tani. Ini penting agar bantuan tersebut betul-betul memberi manfaat bagi petani di daerah ini,”tuturnya. (NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *