Sejumlah Kepala OPD Absen di Rapat Paripurna LKPJ, Begini Penjelasan Bupati Banggai

Rapat Paripurna LKPJ Bupati Banggai tahun anggaran 2020, yang digelar di ruang sidang utama kantor DPRD setempat, Selasa (6/4).[Foto:Dokumentasi Banggai Post]

 

BANGGAIPOST,Luwuk- Sejumlah fraksi DPRD Banggai menyoroti Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang absen saat digelarnya Rapat Peripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Banggai tahun anggaran 2020, yang digelar di ruang sidang utama kantor DPRD setempat, Selasa (6/4).

Pasalnya, dari 32 OPD dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, yang hadir dalam rapat tersebut hanya 5 Kepala OPD. Sorotan tajam sejumlah fraksi tersebut, ditanggapi langsung oleh Bupati Banggai, Herwin Yatim usai membacakan nota pengantar LKPJ tahun anggaran 2020.

Menurutnya, salah satu alasan tidak hadirnya kepala OPD, karena sedang mengikuti kegiatan Murembang di Palu,”Sebanyak 14 OPD kami minta untuk menghadiri Musrembang di Palu,”terangnya.

Sementara sisanya, saat ini belum diketahui alasan mereka tidak hadir dalam momentum Rapat Paripurna kali ini,”Tidak diketahui kemana mereka, sehingga tidak hadir dalam rapat ini. Mereka sudah tinggalkan saya. Meskipun begitu, saya tetap bertanggungjawab dan mencatat segala bentuk kritikan dan masukkan fraksi DPRD terkait program yang digenjot pada tahun anggarann 2020,”tegasnya.

Alasan Bupati tersebut ditanggapi balik oleh sejumlah Fraksi. Menurut mereka, jika alasan kepala OPD tengah mengikuti Musrembang di Palu, maka langkah yang perlu ditempuh adalah mengutus perwakilannya. Minimal Sekretaris Dinas hadir mengikuti Rapat Paripurna.

Hal ini penting dilakukan, agar OPD terkait dapat menanggapi beragam masukan dan kritikan program, sebagaimana tertuang dalam pandangan umum masing-masing Fraksi. (NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *