Mulai Ekspor, Gurita Balut Sampai ke Amerika

Kegiatan packing gurita di pelabuhan kontainer kota Banggai kabupaten Banggai Laut


BANGGAI POST, BALUT- Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut benar-benar mendukung setiap kegiatan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Ini terlihat dengan hadirnya Pemda dalam ekspor gurita, Rabu (3/3).
Meski perdana, ekspor gurita tersebut mencapai 12 ton. Gurita yang merupakan salah satu hasil perikanan daerah Balut ini diekspor ke negara Amerika melalui kota Makassar Sulawesi Selatan.

Wakil Bupati (Wabup) kabupaten Balut, Ablit H. Ilyas mengatakan, pemerintah daerah kini tengah fokus dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya di sektor perikanan. Meski sebagai tahap permulaan, ekspor tersebut dinilainya dapat memberikan dampak yang baik terhadap daerah ini, terutama dengan tingkat kestabilan harga. Begitupun kata dia dengan hasil laut lainnya didaerah ini, Pemda kedepanya akan berupaya untuk melakukan ekspor.
“Baru sekitar 12 ton gurita yang akan dieskpor ke Amerika via Makassar,” Ungkap Wabup Ablit yang saat itu tengah menyaksikan kegiatan packing gurita di pelabuhan kontainer Banggai, rabu (3/3).

Upaya ekspor itu mendapat apresiasi salah satu anggota DPRD Balut. Wakil ketua II DPRD, Moh Tanjung Pawara yang sempat menyaksikan proses pengemasan gurita mengatakan langkah Pemda tersebut wajib diacungi jempol, sebab kata dia hasil laut diwilayah Banggai Laut hanya dimanfaatkan daerah lain.
“Hasil laut kita sudah lama di ekspor oleh daerah lain, bukan kita (Banggai Laut, red),” ujarnya.

Salah satu pengusaha perikanan mitra Pemerintah Balut, Alaudin mengakui jika pembiayaan untuk kontainer pendingin masih terhitung tinggi, sebab saat ini masih meminjam ke pihak PT PELNI. “Harganya 450 ribu satu jam biaya sewa, kalau lama masuk kapal biaya sewa akan tambah mahal,” ungkap pengusaha mitra pemerintah ini. (mg/ik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *