Waspada, 4 Kecamatan Masuk Zona Merah

BANGGAIPOST, Luwuk- Sebanyak Empat Kecamatan di Kabupaten Banggai masuk dalam Zona Merah penularan Covid-19. Keempat kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Luwuk, Luwuk Selatan, Luwuk Utara serta Kecamatan Toili.

Informasi tersebut disampaikan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai Nurmasita Datu Adam saat menjadi narasumber pada kegiatan yang digelar PWI Kabupaten Banggai dengan tema Peningkatan kewaspadaan transmisi lokal penyebaran covid-19, di halaman kantor PWI setempat, Kamis (11/2).

Dikatakan, penerapan wilayah melalui sistem zonasi didasarkan pada akumulasi kasus positif covid-19 yang terjadi.

Dengan indikator yang diterapkan yakni, 0-5 masuk Zona Hijau, 5-10 masuk zona Kuning, 10-20 Zona Orange, sementara jumlah kasus diatas 20 masuk kedalam kategori zona merah,” Saat ini jumlah yang terpapar Covid-19 terus meningkat bahkan per tanggal 10 Februari 2021 diposisi 1061 kasus, dan saat ini Kabupaten Banggai masuk ke dalam Zona Merah. Tim Gugus Tugaspun menerapkan sistem zonasi disetiap kecamatan. Saat ini terdapat 4 Kecamatan masuk dalam Zona merah, dan sisanya masuk zona hijau, kuning dan orange,”terangnya.

Baca Juga :  Polisi Lakukan Olah TKP Awal Kebakaran Rumah di Batui Selatan

Upaya menekan dan mencegah merebaknya Covid-19 di daerah ini terus dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19. Termasuk membangun kerja sama dengan sejumlah pihak dalam mensosialisasikan Protokol Kesehatan, melalui regulasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat maupun edaran Bupati Banggai,”Kami berharap Persatuan Wartawan Indonesian(PWI) Kabupaten Banggai ikut serta membantu ikut mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan,”pintanya berharap.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Banggai Iskandar Djiada mengatakan, insan pers akan turut ambil bagian dalam pemberitaan terkait sosialisasi protokol kesehatan dalam upaya membangun kesadaran masyarakat.

Tidak hanya itu, media juga berperan untuk menangkal hoax terkait adanya informasi seputar Covid-19 yang tak jelas sumbernya,”Kalangan media ikut ambil bagian turut mensosialisasikan protokol kesehatan serta menangkal hoax. PWI telah memasang sejumlah baliho tentang Prokes di sejumlah tempat, beberapa hari kedepan PWI juga akan melakukan pembagian Masker untuk warga di sejumlah titik. Yakni, di Depan kantor PWI, dan di kawasan objek wisata pantai Kilo 5,”ujarnya.

Baca Juga :  Terima Bantuan Speedboat Kemenkes, Sofyan Kaepa: Digunakan Sebaik Mungkin

Sekadar diketahui Dialog Peningkatan Kewaspadaan Transmisi lokal Penyebaran Covid-19 digelar  bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai dan di dukung oleh JOB Pertamina-Medco EP Tomori Sulawesi.(NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.