Paparkan Peningkatan Layanan Kesehatan, HATIMU Tampil Memukau di Debat Kedua

Calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai, nomor urut 1, Hj.Sulianti Murad-Zainal Abidin Aihamu, saat diberi kesempatan memaparkan program unggulannya, pada momentum Debat Publik Putaran kedua, Minggu (22/11)
Calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai, nomor urut 1, Hj.Sulianti Murad-Zainal Abidin Aihamu, saat diberi kesempatan memaparkan program unggulannya, pada momentum Debat Publik Putaran kedua, Minggu (22/11)

BANGGAIPOST,Luwuk-  Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai nomor urut 1, Hj.Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu (HATIMU) tampil memukau, saat Debat Pilkada Banggai putaran kedua yang diselenggarakan di Hotel Swiss-bellin, Minggu (22/11).

Tak sedikit konsep yang dilontarkan Paslon bertegline Sederhana, Santun, Beretika itu menarik simpati lawan. Buktinya, dari sederetan pertanyaan yang dilontarkan moderator dijawab secara santun dan lugas penuh solusi, hingga membuat lawan setuju dengan konsep yang dilontarkan Hatimu.

Sepertihalnya pertanyaan para pakar terkait langkah konkrit Paslon HATIMU dalam peningkatan pelayanan kesehatan yang merata dan berkualitas.

Atas pertanyaan itu, Calon Bupati Banggai, Hj.Sulianti Murad pun memaparkan upaya preventif peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banggai.

Langkah konkret itu, pertama, percepatan penanggulangan dan pencegahan Covud-19 terus dilakukan tanpa mengesampingkan aspek sosial yang timbul, seperti rapid test dan swab gratis.

Kedua, seluruh warga Kabupaten Banggai sebanyak 376 ribu jiwa akan mendapatkan pelayanan gratis rawat jalan dan rawat inap kelas 3.

Ketiga, tunjangan tenaga kesehatan ditingkatkan, dan untuk tenaga honorer digaji setara UMK. Ke empat, penambahan tenaga dokter. Mengingat rasio dokter di Kabupaten Banggai terlalu tumpang 1:4500. Sedangkan standar WHO 1:2500.

Kelima, pembangunan fasilitas alat kesehatan dan sarana rawat inap Rumah Sakit, Puskesmas dan Pustu.

Dikesempatan itu juga, Calon Bupati Banggai memaparkan inovasi peningkatan layanan kesehatan. Diantaranya, inovasi Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan mobile emergency medical cervis.

Kendaraan medis yang dilengkapi 2 orang tenaga kesehatan terampil dan perlengkapan tindakan darurat, Oksigen, alat ukur tekanan oksigen, EKG, dan lainnya,”Standar emergency medis ini penting agar pasien dapat langsung mendapatkan pertolongan emergency,” tegasnya.

Selain program tersebut, HATIMU juga berkomitmen menggenjot inovasi datang lawatan, datang lahirkan, pulang bawa akta kelahiran. Tidak hanya itu, HATIMU juga menggelontorkan inovasi berupa program gerakan satu Hati, yakni bersama tuntaskan masalah angka kematian ibu dan bayinya.

Selain itu juga, HATIMU menggulirkan program penguatan budaya hidup sehat masyarakat, sanitasi gizi, dan peningkat an  posyandu aktif, dan air bersih.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Bang gai, H.Zainal Abidin Alihamu menegas kan, terkait peningkatan pelayanan ke sehatan, HATIMU semaksimal mungkin akan memberikan pelayanan terbaik jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banggai,”Bagi kami, prinsip pelayanan intinya cuma 3, mempercepat, memper mudah, dan memperlancar. Masyara kat kita adalah masyarakat yang instan. Mereka butuh ketika sakit mendapatkan pelayanan yang lengkap,”pungkasnya. (NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *