17 Kelompok Nelayan di Banggai Laut Terima Bantuan Perahu Fiber dan Katinting

Bantuan perahu fiber yang disalurkan Pemerintah Kabupaten Banggai Laut.[Foto:Istimewa]

BANGGAI POST, BALUT- Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut melalui Dinas Perikanan, menyalurkan bantuan sarana dan prasarana tangkap, kepada 17 kelompok nelayan yang tersebar di 7 Kecamatan. Bantuan itu berupa 85 unit perahu fiber dan Katinting.

Informasi tersebut disampaikan Plt.Kadis Perikanan Kepada media ini, Senin (21/8/2023).

Dikatakan, program ini digulirkan sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Banggai Laut dalam upaya meningkatan kesejahteraan nelayan yang lebih baik.

Khusus Tahun Anggaran 2023, kata dia Pemkab Banggai Laut mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 2,1 Miliar untuk pengadaan perahu fiber beserta ketinting.

“Penyerahan bantuan perahu fiber dan Katinting sudah dilakukan pada saat hari kemerdekaan oleh Pak Bupati Sofyan Kaepa,” tuturnya.

Bukan hanya perikanan tangkap, Pemkab juga menggenjot program perikanan budidaya dan pengolahan hasil serta pengembangan kawasan industri perikanan.

“Semua potensi dari sektor perikanan terus digenjot oleh pemerintah kita saat ini. Bukan hanya sektor perikanan tangkap saja. Sektor lainnya juga jadi perhatian Pak Bupati dan Pak Wabup,” tuturnya.

“Saya lagi di Bogor dalam rangka harmonisasi Anggaran DAK Perikanan Kelautan tahun 2024. Ini sebagai bentuk perhatian Pak Bupati dalam upaya meningkatkan sektor perikanan kelautan sebagai sektor unggulan di Banggai Laut,” tambah Herto.

Iapun berharap, semua bentuk bantuan yang sudah diterima dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, guna meningkatkan pendapatan nelayan yang lebih baik.

“Bantuan itu jangan di gunakan untuk kegiatan destruktif fishing. Kita semua berkewajiban menjaga Laut sebagai masa depan kita semua,” tandas Herto. (IK)