Bupati Banggai Sambut Tim Safari Ramadhan Pemprov Sulteng

Ir.H.Amirudin,MM

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, menyambut hangat Tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah di Kabupaten Banggai, di Masjid Agung An-Nur Luwuk, Senin (18/3/2024)

Kegiatan Safari Ramadhan Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Banggai dibagi menjadi tiga tim yang tersebar di tiga lokasi yang berbeda, yakni Masjid Al Huda, Masjid Al Ilham, dan Masjid Agung An-Nur.

Pada malam ke-8 ini, Tim Safari Ramadhan Provinsi Sulawesi Tengah dipimpin langsung oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dr.Farid Rifai Yotolembah, S.Sos,M.S menyampaikan berbagai pencapaian positif dalam pembangunan Sulawesi Tengah.

Pertama, Angka kemiskinan ekstrim berhasil diturunkan dari 3,02 persen pada tahun 2022 menjadi 1,44 persen pada tahun 2023.

Kedua, ⁠Penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka dari 3,75 persen pada tahun 2022 menjadi 2,95 persen pada tahun 2023. Dengan pencapaian ini, Sulawesi Tengah masuk dalam lima besar daerah di Indonesia dengan tingkat pengangguran terbuka terendah.

Ke tiga, Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)mengalami peningkatan dari 71,01 pada tahun 2022 menjadi 71,66 pada tahun 2023.

Ke empat, Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah mencapai angka 13,06%, jauh di atas rata-rata nasional yang hanya mencapai 5%.

Ke lima, ⁠Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulteng mengalami peningkatan dari sekitar 900 miliar rupiah per tahun meningkat hingga mencapai angka 2 triliun rupiah pada tahun 2023.

Keseluruhan pencapaian ini membuktikan bahwa Sulawesi Tengah tidak hanya mampu berkompetisi secara nasional, tetapi juga menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif bagi seluruh masyarakatnya.

Sementara itu, program Ramadhan di Kabupaten Banggai tahun ini terdapat program undian 1 juta rupiah untuk setiap pemenang. Undian akan dipilih sebanyak 20 orang setiap minggunya di Masjid Agung An-Nur Luwuk.

“Pada tahun ini kita berikan 20 orang setiap satu minggu sebanyak 1 juta rupiah tujuannya adalah memotivasi kita untuk meramaikan malam-malam ramadhan,” ujar bupati Amirudin.

Bupatipun berharap, Safari Ramadhan di Kabupaten Banggai bukan hanya sebagai ajang silaturahmi, tetapi juga sebagai momen penting untuk memperkuat sinergi antar instansi dan masyarakat dalam mencapai visi pembangunan yang lebih baik bagi Sulawesi Tengah. (Dkf)