Buntut Surat Kades ke PT KFM, Kantor Desa Tuntung Banggai Digeruduk Warga

Foto: Humas Polres Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Merasa kesal dengan Kepala Desa (Kades), sejumlah warga Desa Tuntung mendatangi Kantor Desa Tuntung, Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai.

Aksi puluhan warga itu dilakukan untuk menemui Kades Tuntung Maryono Yusuf untuk meminta Klarifikasi, Kamis (23/3/2023) pukul 21.00 Wita.

Langkah tersebut dilakukan sehubungan dengan surat Kades Tuntung kepada PT. Koninis Fajar Mineral (KFM) atas penundaan pembayaran honor petugas Syarah yang ada di Masjid Al Musinin dan Masjid Darut Taubah.

Menurut Kapolsek Bunta, bahwa mendapat laporan dari masyarakat yang mana sekitar 50 orang warga menggeruduk Kantor Desa Tuntung selepas Tarwih untuk meminta klarifikasi kepada kades terkait dengan surat tersebut, langsung mendatangi TKP dan melakukan audience dengan masyarakat.

“Rencananya hari Kamis tanggal 23 Maret ini akan dibayarkan honor petugas Syarah, namun tertunda  dengan adanya Surat Kades kepada PT. KFM,” ujar Kapolsek Bunta AKP Syukri Larau, SH.

Dalam surat tersebut, petugas Syarah penerima honor yang diajukan Kades Tuntung kepada PT. KFM terdiri dari Pembantu Imam, Hatif dan Bilal. Sedangkan Imam Masjid sudah tidak masuk dalam penerima honor.

“Akibatnya Imam Masjid Daraut Taubah secara lisan mengundurkan diri. Hal inilah yang membuat Sebagian masyarakat resah,” jelas Kapolsek.

Karena Kades Tuntung saat itu tidak berada ditempat, maka Personil Polsek Bunta mencoba menenangkan masa dengan mengajak musyawarah dan duduk bersama membahas permasalahan tersebut.

Lanjut AKP Syukri Larau, Polsek Bunta menawarkan untuk membantu menengahi permasalahan yang terjadi dengan cara melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Camat Bunta, KUA, PT. KFM untuk dipertemukan dengan para petugas Syarah Desa Tuntung, Kades dan Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat.

“Atas pendekatan yang kami lakukan akhirnya massa membubarkan diri pada pukul 23.00 Wita dalam keadaan tertib dan kondusif,”ucapnya.

“Kami menghimbau untuk semua pihak menahan diri dan jangan melakukan tindakan yang dapat menggangu gangguan kamtibmas di bulan Ramadhan ini, semua permasalahan kita selesaikan dengan kepala dingin secara damai dan musyawarah mufakat,” imbaunya. (Hmp)