Pemkab Banggai Laut Serahkan LKPD Unaudited 2022

SERAHKAN LKPD UNAUDITED: Kepala Perwakilan BPK RI Sulawesi Tengah Binsar Karyanto P. S.T., M.M., CSFA menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran 2022 Kabupaten Banggai Laut yang diserahkan oleh Wakil Bupati Ablit H. Ilyas, di Auditorium BPK RI Perwakilan Provinsi Sulteng, Senin (13/03). (DOK BPKAD) 


BANGGAI POST, BALUT– Pemerintah Kabupaten Banggai Laut menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran 2022 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah Senin (13/03). Laporan Keuangan Unaudited Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Banggai Laut tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Banggai Laut Ablit H. Ilyas dan diterima langsung Kepala perwakilan BPK RI Sulawesi Tengah Binsar Karyanto P. S.T., M.M., CSFA.

Turut mendampingi Wabup Ablit H. Ilyas dalam acara tersebut Kepala BPKAD dan Inspektur Inspektorat serta beberapa pegawai BPKAD dan Inspektorat Kabupaten Banggai Laut

Baca Juga :  Kepergok Miliki Sabu, Pria Asal Balantang Dibekuk Polisi

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Moh.Hasbullah Talaba saat dihubungi mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah berkewajiban untuk menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah kepada Badan Pemeriksa Keuangan paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir. Hal ini berdasarkan PP No: 12 tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah Pasal 191 ayat 2.

“Dalam PP tersebut pemda diamanatkan untuk menyampaikan LKPD ke BPK paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir. Hari ini Pemerintah Kabupaten Banggai Laut Bapak Bupati Sofyan Kaepa, SH diwakili oleh Bapak Wakil Bupati Ablit H. Ilyas, SH menyerahkan LKPD Unaudited Tahun Anggaran 2022 ke BPK RI Perwakilan Sulteng,” kata Hasbullah, Senin (13/03).

Baca Juga :  DPM-PTSP Banggai Laut Gelar Bimtek Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko

“Kami sangat meyakini kegiatan yang kami lakukan memiliki tujuan untuk menilai dan mengukur kepatuhan pemerintah daerah terhadap standart akutansi pemerintah, tansparansi, pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan serta penerapan sistem pengendalian internal pemerintahan,” tuturnya.

Selajutnya kata Hasbullah, setelah penyerahan LKPD Unaudited maka akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan terinci oleh BPK RI Perwakilan Sulteng terhadap LKPD yang telah diserahkan hari ini.

“Besar harapan kami LKPD 2022 Pemerintah Kabupaten Banggai Laut kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” tuturnya penuh harap.

Mantan Kadis Koperindag itu juga menyampaikan, menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan berkerjasama dalam penyusunan LKPD Unaudited. Sehingga LKPD Unaudited bisa diserahkan sebelum batas akhirnya selesai.

Baca Juga :  DPRD Balut Gelar Rapat Paripurna Pengumuman Penetapan Bupati dan Wabup Terpilih

“Terimakasih atas bimbingan dan petunjuk dari Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati serta Bapak Sekda, sehingga LKPD Unaudited lebih cepat diserahkan. Terimakasih kepada seluruh teman-teman OPD, terimakasih juga kepada seluruh Pegawai BPKAD dan inspektorat telah bekerja siang dan malam menyelesaikan LKPD Unaudited,” ucapnya. (IK)telah bekerja siang dan malam menyelesaikan LKPD Unaudited,” ucapnya. (IK)