Bupati Banggai: Gratiskan Pelayanan Ambulance, Jangan Dibebankan ke Pasien!

Audience para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Banggai bersama Bupati,Selasa (31/1).

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM menggelar pertemuan dengan para Kepala Puskesmas (Kapus) se Kabupaten Banggai, di ruang rapat umum Sekretariat Daerah, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Selasa (31/1/23).

Dalam arahannya ketika memimpin rapat, Bupati Banggai meminta agar biaya pelayanan mobil ambulans tidak dibebankan kepada pasien.

“Banyak keluhan dari masyarakat soal biaya ambulans yang memberatkan, mereka tidak dilayani dengan optimal, jadi saya minta layanan ambulans digratiskan!” tegas dia.

Seluruh Kampus, lanjut Bupati, harus pandai-pandai menyiasati dana talangan untuk biaya ambulans sebelum dibayarkan pihak Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Kami akan mengundang pihak JKN, dan mendorong mereka untuk segera mencairkan anggaran, sebelum itu, kita harus berupaya menalangi terlebih dahulu, sehingga masyarakat dapat dilayani dengan baik,” jelas Ir. H. Amirudin, MM, AIFO.

Baca Juga :  DPRD Banggai Laut "Kuliti" Target PAD Dinas Perikanan, Patwan: Ini Tidak Serius Bangun Daerah!

Pemerintah, kata beliau, akan meminjamkan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk digunakan menalangi biaya ambulans, karena yang terpenting adalah melayani masyarakat yang sakit, apalagi dalam keadaan darurat.

“Jika kami berikan dana BTT, semuanya harus sanggup melayani, kalau tidak menyanggupi, sampaikan! Akan diberhentikan sebagai Kapus,” Tegas Bupati

Selain permasalahan ambulans, Bupati dan para Kapus juga mendiskusikan soal anggaran pengadaan obat-obatan, kesejahteraan staf Puskesmas, dan permasalahan lain perihal pelayanan kesehatan.

Turut mendampingi Bupati rapat bersama Kapus, Kepala Dinas Kesehatan, dr. I Wayan Suartika, ME dan Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Banggai, Sofyan Datu Adam, SH.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi jaringan pengaman sosial oleh Kepala Dinas Sosial, Drs. Irpan Poma, ME dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Banggai, Dr.dr. Anang S. Otoluwa, MPPM. (Dk)