Ketua Komda Alkhairaat Banggai Pimpin Pembacaan Ratib Al Haddad

Kegiatan pembacaan Ratib Al Haddad secara rutin oleh Komda Alkhairaat Kabupaten Banggai.[Foto:Dokumentasi BanggaiPost]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Ketua Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Kabupaten Banggai, Habib Muhammad Alhabsyi memimpin pembacaan Ratib Al Haddad, yang dipusatkan di kediaman ketua Komda, Kelurahan Hanga-Hanga Permai, Kecamatan Luwuk Selatan,Jumat (27/1) malam.

Kegiatan itu di ikuti puluhan pengurus Komda Alkhairaat Kabupaten Banggai periode 2023-2028.

Usai pembacaan Ratib Al Haddad, Ketua Komda Alkhairaat mengatakan, kegiatan tersebut menjadi ajang silaturahmi pengurus Komda melalui amalan Ratib Al Haddad.

“Kegiatan ini Rutin digelar komda Alkhairaat Kabupaten Banggai, pembacaan ratibbul haddaad dilaksanakan pada minggu ke-2 dan minggu ke- 4 setiap bulan berjalan,”terangnya.

“Dengan sering melakukan pertemuan semacam ini, pengurus akan semakin kompak. Dengan kekompakan, akan lahir rasa cinta. Dengan cinta, kita akan mampu menyelesaikan program yang dirintis sejak awal. Begitulah konsep Alkhairaat di dirikan Guru Tua,”tambahnya.

Baca Juga :  Kapolres Banggai Terima Penghargaan Satker Terbaik III di Sulteng

Sebagaimana dirangkum BanggaiPost, dari berbagai sumber, Ratib Al Haddad adalah salah satu bacaan zikir dan wirid yang mengandung ayat suci Al-Qur’an dan berbagai macam doa. Bacaan ini disusun oleh seorang ulama yang termasyhur pada abad ke-11 Hijriyah, yaitu Habib Abdullah Al-Haddad.

Dari sejumlah literatur dijelaskan, khasiat membaca Ratibul Haddad sangat banyak sekali. Di antaranya, Allah akan menjaga negara atau tempat tinggalnya dari beberapa cobaan dan siksaan.

Selain itu, orang yang rajin membacanya juga akan diberi  barokah, dan kebaikan. Dapat menjaga dari segala bencana, baik di daratan, lautan, dan di udara. Dengan membacanya, maka juga akan terhindar dari sifat kemunafikan dan tindakan dhalim. (NS)

Baca Juga :  Ketua Utama Tegaskan Alkhairaat Milik Umat, Ajak Pengurus Komda Banggai Saling Bersinergi